Abstract:
Banyaknya brand kedai kopi yang bermunculan dan hampir semua menjual
minuman Kopi Susu Gula Aren, maka Hey Kafe perlu melakukan evaluasi profil minuman
Kopi Susu Gula Aren yang ideal menurut konsumen untuk pengembangan produknya.
Penggunaan panelis konsumen dapat menjadi alternatif dalam pengujian deskriptif dan
afektif produk tanpa melibatkan panelis terlatih. Penelitian ini bertujuan untuk
mendapatkan profil sensori dan emosi minuman Kopi Susu Gula Aren serta mendapatkan
rating dan ranking/urutan minuman Kopi Susu Gula Aren terbaik menurut panelis
konsumen dari beberapa kedai kopi dengan metode uji deskriptif dan uji afektif.
Penelitian dilakukan melalui tahapan persiapan panelis, Focus Group Discussion
(FGD), pengujian sensori dan emosi terhadap lima minuman Kopi Susu Gula Aren dari
lima brand kedai kopi yaitu Janji Jiwa, Kopi Kenangan, Hey Kafe, Tuku dan Feeling
Brew. Pengujian hedonik rating test dan hedonik ranking test dilakukan sebagai
pembanding dari hasil Correspondence Analysiss dari minuman Kopi Susu Gula Aren.
Pengolahan data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS. Minuman Kopi Susu
Gula Aren dari kedai kopi Tuku adalah minuman yang paling mendekati minuman Kopi
Susu Gula Aren ideal menurut panelis konsumen. Profil sensori dari kopi Tuku
berdasarkan Correspondence Analysis adalah rasa asam, aroma smoky, aftertaste asam
dan aftertaste pahit. Sedangkan profil sensori minuman Kopi Susu Gula Aren ideal
adalah rasa milky dan mouthfeel creamy. Hasil hedonik rating test menunjukkan Tuku
adalah Kopi Susu Gula Aren yang paling disukai oleh panelis dengan nilai kesukaan
7.033(suka-sangat suka). Hasil hedonik ranking test menunjukkan Tuku adalah Kopi
Susu Gula Aren yang menduduki peringkat pertama pilihan panelis konsumen dengan
nilai kesukaan 0.215 (biasa-agak suka).