Abstract:
PT.XYZ Botling Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang Industri pembuatan
minuman berkarbonasi dengan berbagai vaian rasa. Masalah yang terjadi yaitu tidak berjalannya
maintenance activity dengan baik. Mesin Compressor Screw yang digunakan sering mengalami
failure, dimana selama periode 2019 komponen Drive Motor mengalami kerusakan sebanyak 33
kali waktu kerusakan dan komponen Screw mengalami kerusakan sebanyak 32 kali waktu
kerusakan. Demikian langkah yang dapat dilakukan untuk mengurangi waktu kerusakan adalah
dengan menerapkan maintenance dengan menggunakan metode Reliability Centered Maintenance
(RCM). Berdasarkan perhitungan nilai keandalan (reliability) sebesar 66%, untuk komponen Drive
Motor dan untuk perhitunagn nilai keandalan untuk komponen screw sebesar 86% dari masalah
ini dinyatakan bahwa memerlukan adanya Preventive Maintenance terhadap komponen tersebut.
Usulan system perawatan mesin yang dilakukan yaitu dengan penerapan Preventive Maintenance
dengan menggunakan metode RCM. dan di dapati hasil harapan keandalan yang baru sebesar 86%
untuk komponen drive motor dan 91 % untuk komponen screw dan Berdasarkan analisa biaya
yang dilakukan, perusahaan dapat menghemat biaya sebesar Rp102,058,336 setiap tahunnya.
Dengan menerapkan kegiatan ini, diharapkan perusahaan dapat meningkatkan perfornansinya.