Abstract:
PT. XYZ adalah perusahaan manufaktur yang bergerak khusus dibidang home care yang berpusat di Bogor.Kualitas produk menjadi bagian terpenting bagi perusahaan.Peningkatan kualitas menjadi salah satu faktor penunjang keberhasilan suatu perusahaan.Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan adalah meningkatkan kualitas produk.Pengendalian kualitas adalah aktivitas manajemen untuk mengukur ciri-ciri kualitas dari produk yang ada dan mengambil tindakan yang sesuai apabila ada perbedaan antara penampilan sebenarnya dengan standarisasi.Upaya yang digunakan dalam penilitian meningkatkan kualitas dengan menggunakan metode six sigma yang meliputi lima tahapan analisis yaitu Define,measure,Analyze,Improve dan Control.Pengendalian kualitas pada metode six sigma melalui beberapa tahapan mulai dari tahap Define adalah menidentifikasi masalah pada perusahaan tersebut ada tiga masalah kemasan jebol,kemasan terlindas,kemasan keriput,dari ketiga masalah terssebut yang paling dominan adalah kemasan jebol.,tahap selanjutnya adalah measure untuk mengetahui nilai peta kendali p upper control limit (UCL),lower control limit (LCL) dan nilai sigmanya adalah 4,5.Pada tahap Improve menghitung target yang akan dicapai dengan memberikan nilai nol pada defect yang paling dominan sehingga menghasilkan 4,7 sigmanya.