Abstract:
Dalam rangka mengefektikan pengendalian dan penanggulangan penyakit hewan melalui berbagai pendekatan dalam urusan kesehatan hewan nasional untuk menjamin keterpaduan dan kesinambungan penyelenggaraan kesehatan hewan di berbagai lingkungan ekosistem, maka dilakukan pengamatan dan pengidentifikasian penyakit hewan melalui kegiatan surveilance dan pemetaan, penyidikan dan peringatan dini, pemeriksaan dan pengujian, serta pelaporan. UPTD Laboratorium Veteriner harus memperhatikan tingkat kepuasan yang telah diberikan kepada pelanggan yang akan membentuk loyalitas pelanggan terhadap instansi pemerintah daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan jumlah pelayanan pemeriksaan penyakit hewan dan memberikan usulan strategi untuk meningkatkan kualitas pelayanan di UPTD Laboratorium Veteriner Kab. Tasikmalaya melalui metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD). Hasil dari penelitian ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan di UPTD Laboratorium Veteriner Kab. Tasikmalaya yang menjadi prioritas, yaitu memberikan pelatihan/pembinaan petugas dalam berkomunikasi, menetapkan jadwal dokter hewan, menetapkan jadwal pelayanan pemeriksaan penyakit hewan, memberikan pelatihan terkait kompetensi dokter hewan, mengadakan evaluasi capaian kinerja secara berkala, melaksanakan pelayanan dengan prosedur yang tepat dan sesuai, membua kotak saran dan membuat alur/SOP pelayanan pemeriksaan penyakit hewan.