DSpace Repository

USULAN PERBAIKAN EFISIENSI LINI PRODUKSI TRAFO TIPE VTO 24-2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE LCR (LARGEST CANDIDATE RULE) DI PT.XYZ

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ni Made Sudri
dc.contributor.author Kurniyanto, Naufal Alwan
dc.date.accessioned 2021-07-15T08:52:45Z
dc.date.available 2021-07-15T08:52:45Z
dc.date.issued 2020-01-23
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/723
dc.description Dosen Pembimbing: Ni Made Sudri en_US
dc.description.abstract PT. XYZ merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi Trafo tipe VTO 24-2. Dalam proses produksinya, khususnya pada lintasan Trafo tipe VTO 24-2 masih memiliki nilai effectiveness lintasan yang rendah. Dalam lintasan tersebut terjadi bottleneck yang tinggi, sehingga mengakibatkan idle time yang tinggi di setiap stasiun kerja. Maka dari itu, perlu dilakukan penyeimbangan lintasan di lintasan tersebut. Metode line balancing yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode ranked positional weight. Dimana hal pertama yang dilakukan yaitu mencari waktu baku untuk setiap proses. Kemudian membuat precedence diagram. Setelah itu, melakukan pembobotan posisi setiap operasi. Lalu, urutkan setiap bobot posisi. Terakhir, bebankan setiap proses ke dalam stasiun kerja. Terdapat beberapa hal utama yang dibahas dalam penelitian ini. Pertama, kondisi awal dari lintasan. Kedua, hasil usulan perbaikan lintasan. Ketiga, perbandingan antara kondisi awal dan usulan perbaikan. Keempat, analisa biaya dari penerapan usulan perbaikan. Dalam penelitian ini menghasilkan beberapa perbaikan. Pertama, pada jumlah stasiun kerja mengalami perbaikan dari 9 stasiun kerja menjadi 8 stasiun kerja. Kedua, pada jumlah operator mengalami perbaikan dari 9 operator menjadi 8 operator. Ketiga, pada nilai line efficiency mengalami perbaikan sebesar 9% dari 69% menjadi 78%. Keempat, pada nilai balance delay mengalami perbaikan sebesar 9% dari 31% menjadi 22%. Kelima, pada nilai smoothness index mengalami perbaikan dari 3884 menjadi 2044. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Bottleneck en_US
dc.subject Idle Time en_US
dc.subject Largest Candidate Rule en_US
dc.subject Penyeimbangan Lintasan Perakitan en_US
dc.subject Nilai Effectiveness Lintasan en_US
dc.title USULAN PERBAIKAN EFISIENSI LINI PRODUKSI TRAFO TIPE VTO 24-2 DENGAN MENGGUNAKAN METODE LCR (LARGEST CANDIDATE RULE) DI PT.XYZ en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0331126402
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI26201#Teknik Industri
dc.identifier.kodeprodi NIM1131500066


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account