Abstract:
Pada era new normal pasca pandemi, orang tidak lagi harus bekerja lagi dikantor melainkan dapat bekerja secara
remote. Namun apakah sama hasil yang didapat dalam bekerja secara onsite (dikantor) atau bekerja secara
remote (WFH). Pada penelitian ini dilakukan Analisa terhadap karyawan kantor PT XYZ, dengan pekerjaan
yang berfokus pada data entry. Penelitian ini berfokus pada pendekatan job performance dimana dikaitkan
dengan KPI yang diberikan oleh perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari hasil KPI rata-rata
dari perusahaan dan juga hasil kuisioner ke karyawan berdasarkan blue print job performance. Dari hal ini
didapat bahwa bekerja secara remote tidak menurunkan performa kerja mereka malah hal ini membuat KPI
mereka meningkat. Namun hal yang tidak disangka bahwa meski KPI mereka meningkat tapi ada beberapa
aspek yang harus diperhatikan oleh perusahan. Disini dirasa Fasilitas penunjang kurang berbanding lurus
dengan pertumbuhan KPI mereka, yang meningkat adalah task pekerjaan yang harus diselesaikan. Ini bisa jadi
disebabkan oleh kurang lancarnya komunikasi dari atas ke bawah dikarenakan seorang manager harus
mengurus tiga difisi sekaligus. Dengan itu penulis menyarankan untuk penambahan role baru yaitu team leader
untuk dapat menjadi jembatan ke manager agar terjadinya kesinambungan antara karyawan dengan pihak
management atas.