DSpace Repository

ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BENANG PADA BAGIAN FILAMENT DEPARTEMEN DI PT. TIFICO -TANGERANG

Show simple item record

dc.contributor.author Munajah, Evi
dc.contributor.author Nendissa, Bendjamin Ch
dc.date.accessioned 2024-09-27T08:46:03Z
dc.date.available 2024-09-27T08:46:03Z
dc.date.issued 1998-08
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2421
dc.description Dosen Pembimbing : Benjamin Ch Nendissa en_US
dc.description.abstract PT.TIFICO merupakan suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang tekstil atau benang. Perusahaan ini menghasilkan benang dengan jenis FOY, POY, DRY, DTY. Tujuan utama perusahaan adalah pasaran luar negeri. Semakin ketatnya persaingan dengan perusahaan lain dengan jenis produk yang sama, menuntut perusahaan ini harus tetap waspada dalam menjaga kualitas produknya. Dan sering kali hasil produk mengalami penyimpangan atau tidak memenuhi spesifikasi yang ada. Oleh karena itu perlu adanya suatu tindakan yang nyata untuk memperbaiki keadaan ini. Pada saat ini perusahaan sudah memiliki alat pengendali kualitas sehingga sudah dapat diketahui secara pasti cacat yang terjadi masih dalam batas kendali atau tidak tetapi untuk penggunaan dari alat pengendali ini belum diketahui apakah sudah optimal atau belum.Untuk keperluan tersebut penulis berusaha memecahkan masalah pengendalian kualitas dengan melakukan penelitian dan analisa terhadap karakteristik kecacatan kualitas produk dengan menggunakan alat pengendali kualitas berupa diagram pareto, bagan kendali dan diagram sebab akibat. Dari pengolahan data dengan bagan kendali p dan grafik pada benang dengan jenis FOY diketahui pada bulan April terdapat 3,24% produk cacat, pada bulan Mei 2,8% produk cacat, dan pada bulan Juni 3,4% produk cacat. Pada jenis POY diketahui pada bulan April terdapat 3,5% produk cacat, pada bulan Mei 3,6% produk cacat, dan pada bulan Juni 4% produk cacat. Dari diagram Pareto pada jenis FOY diketahui pada bulan April cacat terbesar adalah wrap sebesar 54,6%,pada bulan Mei dan Juni cacat terbesar adalah wrap sebesar 62, 1 % dan 58,1%. Pada jenis POY diketahui pada bulan April cacat terbesar adalah wrap yaitu sobesar 50/9% dan pada bulan Mei dan Juni cacat terbesar adalah wrap yaitu sebesar 52,2% dan 53,3%. Dari diagram sebab akibat diketahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan adalah arena kesalahan manusia, kualitas material, lingkungan bekerja dan mesin/peralatan yang digunakan.Diharapakan karakteristik kecacatan yang perlu mendapat prioritas untuk segera dikendalikan sehingga pada periode selanjutnya penyimpangan atau cacat yang terjadi dapat ditekan. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.title ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK BENANG PADA BAGIAN FILAMENT DEPARTEMEN DI PT. TIFICO -TANGERANG en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nim NIM013940036
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI26201#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account