Abstract:
Menurut data yang diperoleh dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tangsel pada
tahun 2013, wilayah tersebut telah menjadi tempat beroperasinya 378 unit minimarket.
Pertumbuhan jumlah minimarket yang terus meningkat setiap tahun menciptakan
persaingan yang sengit. Akibatnya, Pedagang tradisional mengalami tekanan yang
semakin besar. Untuk mengatasi persaingan ini, perusahaan perlu memiliki pemahaman
mendalam terhadap kebutuhan pelanggan. Faktor-faktor seperti kualitas layanan dan
harga menjadi kunci dalam menciptakan kepuasan Pelanggan. Dengan memahami aspekaspek tersebut, perusahaan dapat merancang strategi pemasaran yang efektif untuk
memastikan kepuasan pelanggan. Dengan menggunakan faktor-faktor tersebut bisa
mempertimbangkan loyalitas pelanggan. Penelitan ini memiliki tujuan untuk mengetahui
Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel
Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Toko Kelontong Raya. Pada penelitian kualitas
layanan terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan
hasil Thitung 2.714> Ttabel 1.98 dan Signifikan 0,008<0,05. Pada Harga terdapat
pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil hasil Thitung
6.060> Ttabel 1.98 dan Signifikan 0,008<0,05. Pada Variabel Harga terdapat Pengaruh
Mediasi terhadap Loyalitas pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan dengan Hasil Uji
Sobel Thitung 3,27 > Ttabel 1,98. Pada Variable Harga Terdapat Pengaruh Mediasi
Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Hasil Uji Sobel Sobel Thitung 3,05 > Ttabel
1,98.