Abstract:
Purchasing adalah departemen yang memiliki tanggung jawab untuk menjamin
setiap kebutuhan akan terpenuhi baik secara internal dan eksternal. Berdasarkan
hasil observasi pada bagian Purchasing di PT.Indah Kiat Pulp & Paper, Tbk
Tangerang Mill karyawan bekerja pada pukul 08.00 – 17.00 WIB, tetapi didapatkan
karyawan pulang melebihi jam kerja yang ditentukan yaitu selama rata-rata 30
menit. Hal ini disebabkan oleh pekerjaan yang belum selesai sedangkan terdapat
deadline pengerjaan yang harus dipenuhi. Tentunya hal ini tidak baik bagi
karyawan maka dari itu perlu dilakukan analisis terhadap beban kerja karyawan.
Ketika beban kerja berlebih akan menimbulkan penumpukan pekerjaan saat bekerja
karena ketidakmampuan pekerja atau individu untuk memenuhi tugas yang
diberikan. Setiap karyawan harus menerima jumlah beban kerja yang benar. Oleh
karena itu, untuk mewujudkan kinerja pelayanan yang tinggi, perusahaan harus
mengimplementasikan total pegawai dan beban kerjanya, sehingga beban kerja dan
kinerjanya seimbang. Untuk dapat mengatasi permasalahan tersebut maka
menggunakan metode WLA (Work Load Analysis). Tahap awal melakukan work
sampling selama 5 hari dan pengamatan dilakukan sebanyak 45 kali dalam 1 hari
dengan interval waktu 5 menit. Berdasarkan hasil penelitian maka jumlah karyawan
yang optimal pada bagian Purchasing adalah 13 karyawan, dengan beban kerja
usulan sebesar 66% pada Supervisor, 68% pada MRO, 67% pada MGP, 67% pada
CM, 91% pada Staf PSC, dan 68% pada Officer, yang sebelumnya mengalami
beban kerja di atas 100%.