Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produk, harga, dan
promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian handphone Xiaomi secara
parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang
membeli handphone Xiaomi dan pengunjung yang menggunakan handphone Xiaomi
disalah satu outlet, sampel yang digunakan sebanyak 140 orang responden dengan
menggunakan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengambilan data pada
penelitian ini yaitu dengan penyebaran kuesioner yang diolah menggunakan program
statistik. Berdasarkan hasil uji t (parsial) diketahui bahwa produk (X1) berpengaruh
terhadap keputusan pembelian handphone Xiaomi, hal ini didukung dengan nilai
thitung lebih besar dari ttabel (2.939>1.97757). Harga (X2) berpengaruh terhadap
keputusan pembelian handphone Xiaomi, hal ini didukung dengan nilai thitung lebih
besar dari ttabel (2.686>1.97756). Dan promosi (X3) berpengaruh terhadap keputusan
pembelian handphone Xiaomi, hal ini didukung dengan nilai thitung lebih besar dari
ttabel (4.797>1.97756). Berdasarkan uji F (simultan) diketahui bahwa variabel produk,
harga, dan promosi berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap
keputusan pembelian handphone Xiaomi, hal ini didukung dengan nilai Fhitung yang
lebih besar dari Ftabel (89.731>2.67), dan berdasarkan hasil koefisien determinasi (R2
)
diketahui bahwa nilai R square sebesar 0,664 atau 66,4%, itu artinya variabel
independen yang terdiri dari produk, harga, dan promosi berpengaruh terhadap
variabel dependen yaitu keputusan pembelian sebesar 66,4%. Sedangkan sisanya
sebesar 33,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak ada dalam penelitian ini.
Misalnya, kepercayaan, citra merek, desain produk, dan sebagainya.