DSpace Repository

Perbaikan Proses Melalui Analisis Pengendalian Kualitas Kemasan Reject Pada Mesin Auto Packing (Cartoning) Di PT. XYZ

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mega Bagus Herlambang
dc.contributor.author Rusdinar, Eka
dc.date.accessioned 2022-08-25T04:05:03Z
dc.date.available 2022-08-25T04:05:03Z
dc.date.issued 2021-08-25
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1286
dc.description Dosen Pembimbing: Mega Bagus Herlambang en_US
dc.description.abstract PT. XYZ adalah perusahaan yang bergerak di bidang Industri Farmasi. Pengemasan sekunder pada beberapa produk di PT. XYZ sudah menggunakan mesin auto packing, namun masih banyak reject print box yang dihasilkan pada saat proses packing berlangsung. Jumlah reject yang melebihi standar perusahaan tentunya akan mengalami kerugian karena kemasan yang rusak tidak dapat dijual ke konsumen. Penelitian ini berfokus pada perbaikan proses melalui analisis pengendalian kualitas proses packing menggunakan mesin auto packing (cartoning) untuk mengurangi jumlah reject print box sehingga dapat mengurangi kerugian perusahaan dengan metode six sigma. Tahapan six sigma dalam penelitian ini merupakan Define, Measure, Analyze, dan Improve. Tahap define yaitu dengan mengidentifikasi permasalahan yang terjadi pada proses packing, menentukan tujuan penelitian, dan mengidentifikasi CTQ dari print box. Selanjutnya yaitu tahap measure, melakukan pengukuran pada proses packing dengan melakukan pembuatan peta kontrol p, menghitung nilai Defect per Million Opportunity (DPMO), level sigma, dan nilai kapabilitas dari masing-masing jenis reject. Tahap selanjutnya yaitu analyze, pada tahap ini dilakukan analisa penyebab terjadinya reject dengan menggunakan diagram sebab akibat dan Failure Mode Effect Analyze (FMEA). Setelah itu melakukan tahap improve untuk memberikan rekomendasi solusi perbaikan dari masalah yang terjadi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada perusahaan masih terdapat reject print box yang akan merugikan perusahaan dengan jumlah yang melebihi standar perusahaan. Nilai Defect per Million Opportunity (DPMO) rata-rata didapatkan hasil perhitungan sebesar 31.120,2186, level sigma sebesar 3,365, dan kapabilitas proses 1,122. Rekomendasi solusi yang diberikan adalah membuat agenda pelatihan induktif dan melakukan evaluasi training kepada semua operator. Setelah solusi diimplementasikan terdapat penurunan rata-rata DPMO menjadi sebesar 8.098,3607 dan kenaikan nilai sigma menjadi 3,904 sigma serta penurunan biaya kerugian sebesar Rp.278.753,55,- (73,97%) setiap 1 batch proses packing. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Six Sigma en_US
dc.subject Pengendalian Kualitas en_US
dc.subject Mesin Auto Packing en_US
dc.subject Reject Print Box en_US
dc.title Perbaikan Proses Melalui Analisis Pengendalian Kualitas Kemasan Reject Pada Mesin Auto Packing (Cartoning) Di PT. XYZ en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0310038804
dc.identifier.nim NIM1131720008
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI26201#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account