Abstract:
PT Paragon Technology and Innovation merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik. Dalam perkembangan produk, departemen Research and Development (RND) memiliki peran yang sangat penting yaitu launching produk untuk dapat launching tepat waktu. Dalam hal itu kualitas service level laboratorium sangat berkaitan karena semakin tinggi service level lab maka semakin tinggi nila SCF. SCF adalah kesesuain penjadwalan trial dengan deadline yang telah diberikan namun pada kenyataan banyak sekali kendala trial yang dapat menyebabkan tidak tercapainya target SCF. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan pada Laboratorium likuid terdapat banyak kendala yang ditemukan sehingga target SCF tidak tercapai.
Upaya yang dapat dilakukan yaitu melakukan pengendalian dan peningkatan kualitas. Pendekatan yang digunakan yaitu dengan metode Total Quality Control. Setelah dilakukan pengamatan terdapat 5 jenis kendala dan yang sering terjadi yaitu bahan baku tidak cukup sebanyak 164 kendala, antri mesin bahan baku tidak cukup sebanyak 64 kendala dan human error bahan baku tidak cukup sebanyak 38 kendala. Untuk mengurangi kendala pada trial tersebut dapat dilakukan perbaikan dengan cara membuat system baru yaitu database stock bahan baku dan penjadwalan trial serta pendisiplinan personil dalam menjalankan SOP serta IK dalam setiap proses kegiatan trial.