| dc.contributor.advisor | Husen, Abrar | |
| dc.contributor.author | Suwandi, Windie Antasari | |
| dc.date.accessioned | 2021-04-15T03:31:51Z | |
| dc.date.available | 2021-04-15T03:31:51Z | |
| dc.date.issued | 2021-02-23 | |
| dc.identifier.uri | http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/575 | |
| dc.description | Dosen Pembimbing : Abrar Husen | en_US |
| dc.description.abstract | Jembatan merupakan sarana pengembangan wilayah untuk menunjang pembangunan politik, ekonomi, sosial dan budaya serta hankamnas. Fungsi utama dari jembatan adalah untuk menghubungkan ruas jalan yang dibatasi atau terhambat oleh sesuatu (misal sungai, danau, jurang dll) untuk kelancaran lalu lintas. Dari tujuan teknis perencanaan suatu bangunan akan selalu mempunyai kriteria dasar – dasar perencanaan dan pertimbangan terhadap fungsi bangunannya sistem konstruksinya dari segi ekonomi maupun nilai estetikanya. Nilai keberhasilan tujuan suatu perencanaan sangat tergantung pada keobejektifan didalam pertimbangan memilih material struktur suatu konstruksi. Kabel baja merupakan material mutu tinggi yang sudah banyak diaplikasikan dalam perkuatan struktur jembatan bentang panjang. Selain memliki nilai estetika yang baik, kabel baja memiliki kualitas mutu lima kali lebih baik dari baja solid pada umumnya. Dan tentunya nilai kekuatan tersebut dapat tercapai setelah adanya penelitian terhadap material - material yang dikombinasikan. Oleh sebab itu pada jembatan – jembatan yang memiliki atau mengharuskan terbentuknya bentangan yang sangat panjang, perkuatan struktur jembatan yang digunakan ialah material kabel ini. Perhitungan dilakukan dengan metode perencanaan berdasarkan beban dan kekuatan terfaktor (LRFD) serta pemodelan element shell dengan menggunakan aplikasi program STAAD.PRO V8i adalah program khusus untuk menganalisa Struktur. Pemodelan elemen shell pada bangunan atas (superstructure) digunakan untuk membandingkan dengan pemodelan elemen frame untuk mendapatkan reaksi yang terjadi pada jembatan (momen dan geser).Dari perbandingan tersebut diharapkan didapatkan pemodelan yang efektif terhadap analisa linier jembatan. Pada penelitian ini dilakukan analisa perbandingan kualitas dan kuantitas Jembatan menggunakan Arch Bridge dan Cable Stayed. Kedua jembatan memiliki panjang yang sama yakni 200 meter, bagian yang dibahas adalah bagian struktur atas jembatan. Dengan melihat sebaran gaya dalam dan lendutan pada masing masing jembatan yang diakibatkan oleh beban yang bekerja dan pada akhirnya akan didapatkan tipe jembatan yang lebih efisien. | en_US |
| dc.language.iso | other | en_US |
| dc.publisher | Institut Teknologi Indonesia | en_US |
| dc.subject | Jembatan Cable Stayed | en_US |
| dc.subject | Jembatan Pelengkung (Arch Bridge) | en_US |
| dc.subject | Kabel | en_US |
| dc.subject | Kualitas Mutu | en_US |
| dc.subject | LRFD | en_US |
| dc.title | ANALISA PERBANDINGAN KUALITAS DAN KUANTITAS JEMBATAN MENGGUNAKAN ARCH BRIDGE DAN CABLE STAYED | en_US |
| dc.type | Thesis | en_US |
| dc.identifier.nidn | NIDN0316056501 | |
| dc.identifier.nim | NIM1211600026 | |
| dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI22201#Teknik Sipil |