| dc.description.abstract |
Dalam menghadapi persaingan industri, PT Enerba Teknologi sebagai perusahaan yang bergerak di bidang
pengolahan air limbah industri menghadapi tantangan dalam mempertahankan stabilitas proyek dan
meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang
memengaruhi strategi pemasaran perusahaan serta merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan
daya saing menggunakan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) dan QSPM
(Quantitative Strategic Planning Matrix). Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara,
observasi, dan kuesioner yang disebarkan kepada tiga responden di perusahaan. Pada hasil penelitian
analisis SWOT dan QSPM menunjukan hasil strategi yang terpilih sama yaitu mengaplikasikan strategi SO
(Strength - Opportunities) menghadapi kondisi dimana perusahaan disarankan untuk memanfaatkan
kekuatan untuk meningkatkan peluang yang ada. Berikut strategi SO yaitu Meningkatkan produktivitas,
efisiensi, dan kualitas layanan WWTP, Mengembangkan keterampilan melalui kerja sama konstruksi dan
pemanfaatan teknologi informasi untuk promosi serta perluasan pemasaran, dan Memanfaatkan lokasi
strategis guna mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan dan pengembangan infrastruktur yang
efektif. |
en_US |