DSpace Repository

IMPLEMENTASI PEMELIHARAAN JALAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) STUDI KASUS : JALAN RAYA RAWA BUNTU TANGERANG, BANTEN

Show simple item record

dc.contributor.author Agustin, Ardis
dc.contributor.author Hakim, Nur
dc.date.accessioned 2025-07-24T07:41:24Z
dc.date.available 2025-07-24T07:41:24Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/3043
dc.description Dosen Pembimbing: Ir. Nur Hakim, MCE., IPM. en_US
dc.description.abstract Prasarana jalan merupakan salah satu infrastruktur transportasi utama dalam sistem transportasi darat. Pemeliharaan pada perkerasan jalan menjadi hal yang wajib dilakukan dengan baik dan benar demi mencegah ataupun mengatasi kerusakan pada perkerasan jalan. Pavement Managemen System (PMS) merupakan sistem manajemen yang biasa diterapkan dalam pengelolaan manajemen perkerasan jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan penyedia, penyelenggara, dan pengguna jalan mengenai implementasi pemeliharaan jalan. Studi kasus yang dipilih adalah Jalan Raya Rawabuntu Tangerang, Banten. Metode yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA). Analisa data dilakukan terhadap kuesioner yang didapatkan dari pengguna jalan sebanyak 100 responden, dan skateholder 8 responden. Hasilnya ditunjukan melalui diagram kartesius, Adapun yang termasuk pada variabel I yaitu pada kondisi retakan pada jalan(B2), kondisi patahan (rigid) pada jalan (B6), dan kondisi rel pengaman yang berarti memerlukan perbaikan kualitas. Berdasrakan data kuesioner pengguna jalan, mayoritas kendaraan yang digunakan yaitu menggunakan kendaraan motor, dimana dari 100% responden rata rata 58% yang menggunakan kendaraan motor. Berdasarkan hasil analisa kuesioner pengguna jalan didapatkan hasil indeks kepuasan sebesar 72.33% atau termasuk dalam kategori “Memuaskan”. Adapun analisa menurut stakeholder berdasarkan indikator kinerja dimana mendapatkan indeks kepuasan sebesar 80,53% sedangkan berdasarkan waktu tanggap indeks kepuasannya 77,45%. Korelasi antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan sangat erat meskipun dari segi perbandingan tingkat kepentingan lebih dominan dalam menentukan priotitas. en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Indeks en_US
dc.subject Importance Performance Analysis en_US
dc.subject Pemeliharaan en_US
dc.subject Skala en_US
dc.title IMPLEMENTASI PEMELIHARAAN JALAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA) STUDI KASUS : JALAN RAYA RAWA BUNTU TANGERANG, BANTEN en_US
dc.identifier.nim NIM1211920004
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI22201#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account