Abstract:
Kemajuan teknologi digital telah memberikan dampak besar terhadap penyebaran
informasi, termasuk dalam sektor pendidikan nonformal seperti Lembaga Kursus dan
Pelatihan (LKP). Faktor-faktor seperti Electronic Word of Mouth (EWOM), citra merek,
dan kelompok referensi berperan dalam menentukan tingkat kepuasan peserta didik
terhadap suatu lembaga pelatihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh
EWOM, citra merek, dan kelompok referensi terhadap kepuasan peserta didik di LKP
Nolen Training Center.
Pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research digunakan dalam penelitian
ini. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang
dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis regresi linear berganda
diterapkan untuk menguji sejauh mana variabel independen berpengaruh terhadap
kepuasan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara individual maupun bersama-sama, EWOM,
citra merek, dan kelompok referensi memiliki pengaruh terhadap kepuasan peserta didik.
EWOM yang bersumber dari ulasan dan testimoni di platform digital terbukti mampu
meningkatkan harapan serta mempengaruhi keputusan peserta dalam memilih lembaga
pelatihan. Selain itu, citra merek yang kuat memberikan rasa percaya terhadap kualitas
layanan, sedangkan kelompok referensi membantu peserta didik dalam menentukan
pilihan melalui rekomendasi sosial. Penelitian ini memberikan wawasan bagi LKP Nolen
Training Center dalam merancang strategi pemasaran digital yang lebih efektif,
memperkuat citra merek, serta mengoptimalkan pengaruh kelompok referensi guna
meningkatkan kepuasan peserta didik dan daya saing lembaga