Abstract:
Kinerja menjadi salah satu faktor penting pada era globalisasi bagi oragnisasi
untuk mencapai tujuan organisasi dengan efektif dan efisien. Pegawai harus
mencapai kinerja yang terbaik untuk memastikan kinerja pegawai maka di lakukan
penelitian bertujuan untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja pegawai di
Badan Standardisasi Nasional (BSN) dengan menggunakan pendekatan
Importance-Performance Analysis (IPA). Dalam penelitian ini, peneliti
mengidentifikasi faktor-faktor yang dianggap penting dan mengevaluasi sejauh
mana faktor-faktor tersebut telah diterapkan dengan baik di perusahaan. Sumber
data berdasarkan kuesioner yang di sebarkan ke pegawai dan dianalisis
menggunakan matriks IPA yang memetakan tingkat kepentingan dan kinerja dari
berbagai elemen yang memengaruhi kinerja karyawan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa beberapa atribut kepemimpinan, motivasi, disiplin,
komunikasi, lingkungan kerja dan kinerja, masuk dalam kuadran yang memerlukan
perhatian lebih karena memiliki tingkat kepentingan tinggi namun kinerjanya
masih rendah. Karena itu, perusahaan disarankan untuk melakukan perbaikan di
area tersebut, terutama dalam memberikan pelatihan yang lebih efektif dan
meningkatkan komunikasi antar tim untuk meningkatkan kinerja pegawai secara
keseluruhan.