Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk untuk mengetahui faktor-faktor apa saja
yang mempengaruhi kualitas pelayanan dan kepuasaan konsumen terhadap pelanggan
WIFI.ID. Sampel pada penelitian ini adalah berjumlah 104 responden, dengan teknik
pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, kriterianya adalah kepada
pelanggan atau pengguna WIFI.ID. Metode analisa penelitian ini menggunakan Structural
Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan Partial Least Square (PLS) dan
menggunakan Software SmartPLS3. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pada penelitian
ini ditemukan hasil bahwa harga tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasaan
pelanggan, dikarenakan nilai t-statistic kurang dari 1,97 dan nilai p-value lebih dari 0,05
yaitu, hasil t-statistic 0,228 dan nilai p-value 0,820 2) Kualitas produk berpengaruh
signifikan terhadap kepuasaan pelanggan dikarenakan nilai t-statistic kualitas pelayanan
pada penelitian ini 2,529 dan nilai p-value 0,012 3) Kualitas pelayanan tidak berpengaruh
signifikan terhadap kepuasaan pelanggan, nilai t-statistic 0,657 dan p-value 0,511 4) Hasil
nilai dari Goodness of Fit (GoF) dalam penelitian ini dinyatakan fit atau kuat karena
ditemukan nilai sebesar 0,583 yang berarti masuk kedalam kategori large karena nilai GoF
lebih besar dari 0,36. 5) Hasil dari analisis secara stimultan r-square menunjukan nilai
sebesar 0.800 yang berarti variabel laten eksogen dalam penelitian ini dapat mempengaruhi
kepuasan konsumen sebesar 80% secara keseluruhan.