Abstract:
Perkembangan ekonomi sangat penting bagi setiap negara, di mana peningkatan
pertumbuhan ekonomi menunjukkan kesejahteraan yang tercermin dari meningkatnya
output per kapita dan daya beli masyarakat. UMKM memainkan peran signifikan dalam
mendukung perkembangan dan pertumbuhan ekonomi, termasuk di Indonesia, dengan
menciptakan lapangan kerja. maka diperlukan analisis tanggapan pelaku UMKM
mengenai persepsi dan kinerja yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui
atribut kualitas pelayanan yang perlu ditingkatkan, untuk mengetahui perbaikan yang
diperlukan oleh UMKM untuk meningkatkan kualitas pada atribut yang dinilai. Populasi
penelitian ini adalah UMKM yang dibina oleh BSN. Pengambilan sample menggunakan
purposive sampling dengan 135 responden. Hasil penelitian yang didapat berupa
rekomendasi hasil kuadran IPA yang perlu diperbaiki, Hasil gap antara persepsi dan
kinerja menunjukan masih dinilai kurang baik karena hasil gap menunjukan angka
negatif.adapun prioritas perbaikannya seperti : Pembuatan jadwal pelatihan tahunan
dengan topik topik yang disesuaikan dengan kebutuhan atau jenis UMKM, Sarana
prasarana yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan karyawan tersedia lengkap,
Gunakan diagram alur dan SOP untuk memudahkan pemahaman dan
pengimplementasiaan, dan juga menimplementasikan prinsip PDCA (Plan Do Check Act)