Abstract:
alam rangka mengefektikan pengendalian dan penanggulangan penyakit
hewan melalui berbagai pendekatan dalam urusan kesehatan hewan nasional untuk
menjamin keterpaduan dan kesinambungan penyelenggaraan kesehatan hewan di
berbagai lingkungan ekosistem, maka dilakukan pengamatan dan pengidentifikasian
penyakit hewan melalui kegiatan surveilance dan pemetaan, penyidikan dan peringatan
dini, pemeriksaan dan pengujian, serta pelaporan. UPTD Laboratorium Veteriner harus
memperhatikan tingkat kepuasan yang telah diberikan kepada pelanggan yang akan
membentuk loyalitas pelanggan terhadap instansi pemerintah daerah. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan
jumlah pelayanan pemeriksaan penyakit hewan dan memberikan usulan strategi untuk
meningkatkan kualitas pelayanan di UPTD Laboratorium Veteriner Kab. Tasikmalaya
melalui metode Servqual dan Quality Function Deployment (QFD). Hasil dari penelitian
ini adalah meningkatkan kualitas pelayanan di UPTD Laboratorium Veteriner Kab.
Tasikmalaya yang menjadi prioritas, yaitu memberikan pelatihan/pembinaan petugas
dalam berkomunikasi, menetapkan jadwal dokter hewan, menetapkan jadwal pelayanan
pemeriksaan penyakit hewan, memberikan pelatihan terkait kompetensi dokter hewan,
mengadakan evaluasi capaian kinerja secara berkala, melaksanakan pelayanan dengan
prosedur yang tepat dan sesuai, membua kotak saran dan membuat alur/SOP pelayanan
pemeriksaan penyakit hewan.