DSpace Repository

PENGARUH PERLINTASAN SEBIDANG TERHADAP KINERJA DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA SIMPANG MATHLA`UL HUDA PARUNG PANJANG

Show simple item record

dc.contributor.author Ardiyatna, Fadly
dc.contributor.author Upa, Verdy Ananda
dc.date.accessioned 2024-11-25T03:21:42Z
dc.date.available 2024-11-25T03:21:42Z
dc.date.issued 2024-08
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2676
dc.description Dosen pembimbing : Verdy Ananda Upa en_US
dc.description.abstract Kabupaten Bogor yang mempunyai arus lalu lintas yang cukup padat, hal tersebut disebabkan karena pada perlintasan sebidang antara jalan dengan rel kereta api dengan jalan raya terjadi di sekitar Stasiun Parung Panjang, Kabupaten Bogor khususnya di Jl. Raya Parung Panjang– Jl. Raya Cibunar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kinerja simpang pada pada jalan tersebut meliputi volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan,panjang antrian, tundaan, dan peluang antrian simpang , serta menghitung biaya operasional kendaraan. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia PKJI 2014 untuk mengetahui kinerja eksisting berupa volume lalu lintas, kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan, dan peluang antrian. Serta perhitungan Biaya Operasional Kendaraan BOK yang mengacu pada Departemen Pekerjaan Umum Bina Marga 2005 untuk menghitung komponen biaya tetap dan biaya tidak tetap.Dari hasil analisis perhitungan kinerja simpang kondisi eksisting didapatkan hasil volume lalu lintas 2981 skr/jam, C 1955,8 skr/jam, Dj 1,52 , Panjang Antrian 119,253 Meter, Tundaan 13,57 detik/skr, Peluang Antrian 98%-215% dan analisis perhitungan lalu lintas karena bertambahnya frekuensi kereta dengan volume lalu lintas 2981 skr/jam didapatkan hasil kapasitas hilang C 1778 skr/jam, Dj 1,68, Panjang Antrian 124,683 Meter, Tundaan 15,77 detik/skr, dan Peluang Antrian 122%-276%, Serta total biaya operasional kendaraan tetap, pada sepeda motor (SM) untuk kondisi eksisting dengan (Vr= 20 km/jam) adalah Rp, 1.926,47 /km/hari / Rp. 703.161,17 km/tahun dan biaya operasional dengan bertambahnya frekuensi kereta dengan (Vr = 15 km/jam) adalah Rp 1.975,67 /km/hari / Rp. 721.118,91 /km/tahun dimana bila kecepatan naik BOK turun. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA en_US
dc.subject Kinerja Simpang en_US
dc.subject PKJI 2014 en_US
dc.subject Perlintasan Sebidang en_US
dc.subject BOK en_US
dc.subject Bina Marga en_US
dc.title PENGARUH PERLINTASAN SEBIDANG TERHADAP KINERJA DAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN PADA SIMPANG MATHLA`UL HUDA PARUNG PANJANG en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0316099201
dc.identifier.nim NIM1212020002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI22201#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account