Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kepuasan mahasiswa
Program Studi Manajemen Institut Teknologi Indonesia mengenai pembelajaran
dengan sistem e-learning (SCE) pada masa Covid-19. Penelitian ini menggunakan
teknik pengumpulan data dengan cara menyebarkan kuesioner melalui Google
Form. Teknik analisis data menggunakan konsep End-User Computing
Satisfaction (EUCS) melalui 5 tahap perumusan isi (Content), ketepatan
(Accuracy), bentuk (Format), kemudahan penggunaan (Ease of Use), dan
ketepatan waktu (Timeliness). Tahap selanjutnya menggunakan analisis GAP.
Pada tahap akhir menggunakan Importance Performance Analysis (IPA).
Berdasarkan hasil pada tingkat kesesuaian terdapat nilai rata-rata keseluruhan
sebesar 96,04%. Gap antara rata-rata keseluruhan perhitungan pembelajaran pada
sistem e-Learning, dapat diketahui total nilai adalah sebesar 0,031. Dari hasil
analisis Diagram Kartesius sendiri diketahui posisi perusahaan sendiri berada pada
titik koordinat pada kuadran I (Prioritas Utama) dan Kuadran III (Prioritas
Rendah) yang mencangkup item terbanyak yaitu 3 titik item pada masing-masing
kuadran. Sehingga Program Studi Manajemen ITI harus memanfaatkan kekuatan
dan peluang yang sudah di analisis untuk dapat mengembangkan dan
meningkatkan proses pembelajaran dengan sistem e-Learning (SCE).