DSpace Repository

OPTIMASI DESAIN BOGIE FRAME LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DENGAN PENAMBAHAN BACKING PLATE MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD

Show simple item record

dc.contributor.author Firzatullah, Valdis Ega Devino
dc.contributor.author Rasyid, Kurniadi
dc.date.accessioned 2024-11-18T02:33:53Z
dc.date.available 2024-11-18T02:33:53Z
dc.date.issued 2024-07-30
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2654
dc.description Dosen pembimbing : Kurniadi Rasyid en_US
dc.description.abstract Bogie frame pada kereta Light Rail Transit (LRT) merupakan komponen penting yang mendukung pergerakan kendaraan rel. Penelitian ini berfokus pada optimalisasi struktur bogie frame LRT melalui komparasi hasil simulasi statis menggunakan Finite Element Method (FEM). Material yang digunakan adalah baja struktural S355 J2, yang memiliki kekuatan dan ketangguhan tinggi sesuai standar Eropa (EN 10025-2). Standar EN 13749 digunakan untuk memverifikasi ketahanan statis dan kelelahan rangka bogie dengan mempertimbangkan beban normal dan beban luar biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi pembebanan pada bogie frame LRT melalui analisis tegangan Von Mises, nilai deformasi, dan angka keamanan. Optimasi desain dilakukan dengan menambahkan backing plate pada setiap sideframe. Hasil analisis numerik menunjukkan bahwa tegangan Von Mises pada empat kasus pembebanan masih di bawah tegangan luluh material (355 MPa). Penambahan backing plate pada sideframe memberikan angka keamanan tertinggi sebesar 5,47 pada kasus pembebanan pertama, menunjukkan desain yang sangat aman untuk digunakan. Secara keseluruhan, hasil simulasi menunjukkan bahwa bogie frame LRT telah memenuhi kriteria keberterimaan EN 13749 dan tidak mengalami deformasi plastis saat menerima beban luar biasa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher INSTITUT TEKNOLOGI INDONESIA en_US
dc.subject Bogie Frame LRT en_US
dc.subject Analisa Statis en_US
dc.subject EN 13749 en_US
dc.subject Finite Element Analysis en_US
dc.title OPTIMASI DESAIN BOGIE FRAME LIGHT RAIL TRANSIT (LRT) DENGAN PENAMBAHAN BACKING PLATE MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0303116601
dc.identifier.nim NIM1121900012
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI21201#Teknik Mesin


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account