Abstract:
Bogie frame pada kereta Light Rail Transit (LRT) merupakan komponen penting yang
mendukung pergerakan kendaraan rel. Penelitian ini berfokus pada optimalisasi struktur bogie
frame LRT melalui komparasi hasil simulasi statis menggunakan Finite Element Method (FEM).
Material yang digunakan adalah baja struktural S355 J2, yang memiliki kekuatan dan
ketangguhan tinggi sesuai standar Eropa (EN 10025-2). Standar EN 13749 digunakan untuk
memverifikasi ketahanan statis dan kelelahan rangka bogie dengan mempertimbangkan beban
normal dan beban luar biasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui distribusi
pembebanan pada bogie frame LRT melalui analisis tegangan Von Mises, nilai deformasi, dan
angka keamanan. Optimasi desain dilakukan dengan menambahkan backing plate pada setiap
sideframe. Hasil analisis numerik menunjukkan bahwa tegangan Von Mises pada empat kasus
pembebanan masih di bawah tegangan luluh material (355 MPa). Penambahan backing plate pada
sideframe memberikan angka keamanan tertinggi sebesar 5,47 pada kasus pembebanan pertama,
menunjukkan desain yang sangat aman untuk digunakan. Secara keseluruhan, hasil simulasi
menunjukkan bahwa bogie frame LRT telah memenuhi kriteria keberterimaan EN 13749 dan
tidak mengalami deformasi plastis saat menerima beban luar biasa.