Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku mahasiswa dalam
keputusan pembelian pada kantin ITI. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa ITI yang mengunjungi kantin, sampel yang digunakan sebanyak 100
orang responden dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling.
Variabel independent penelitian ini adalah perilaku konsumen diwakili oleh
variabel budaya (X1 ), sosial (X2 ), pribadi (X3 ), psikologis (X4 ),dan keputusan
pembelian sebagai variabel dependen (Y). Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan
menggunakan data primer hasil jawaban responden. Dari hasil uji asumsi klasik
dapat diketahui bahwa data yang digunakan dalam penelitian ini berdistribusi
secara normal, bebas dari gejala multikolinearitas, dan tidak terjadi gejala
heteroskedastisitas. Data yang digunakan dalam penelitian ini telah memenuhi
syarat untuk dapat menggunakan model regresi linear berganda, agar asumsiasumsi yang terdapat pada model regresi linear berganda dapat dipenuhi variabel
budaya (X1 ), sosial (X2 ), pribadi (X3 ), psikologis (X4 ), secara signifikan
berpengaruh terhadap variabel keputusan pembelian secara parsial. Variabel
budaya (X1 ), sosial (X2 ), pribadi (X3 ), psikologis (X4 ), secara bersama-sama
(simultan) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.
Dapat dilihat dari hasil olah data yang diperoleh nilai F sebesar 65,028 dengan
signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Nilai R square pada penelitian ini sebesar 0,729
artinya 72,9% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel
(budaya, sosial, pribadi, psikologis). Sedangkan sisanya sebesar 27,1% dijelaskan
oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam model ini.