Abstract:
Kendaraan Volvo tipe S70 adalah alat transportasi darat biasa yang
biasanya digunakan oleh kalangan menengah ke atas sebagai alat transportasi.
Dengan demikian perlu diperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan dalam
berkendaraan. Dalam penataan tata letak dan interior serta keamanan dan
kenyamanan dalam mobil Volvo ini sudah dikatakan baik. Tetapi kenyamanan
dan keamanan tersebut hanya dapat dirasakan oleh pengemudi yang berbadan
besar. Seperti kita ketahui bahwa mobil Volvo ini adalah diproduksi oleh
produsen Eropa yang rancangannya menggunakan antrhopometri orang Eropa.
Untuk orang Indonesia, rancangan tersebut bisa dikatakan tidak ergonornis. Pada
rancangan mobil Volvo yang lama terdapat kekurangannya yaitu dalam hal
ukuran kursi, sandaran punggung, serta ruang pandang.
Sebagai langkah awal dari proses perancangan dilakukan pengumpulan
data dari anthropometri pengguna mobil yaitu orang Indonesia khususnya anatomi
tubuh mahasiswa lnstitut Teknologi Indonesia (ITI), sebagai dasar penentuan
dimensi yang akan dirancang. Perancangan ruang kemudi juga berpedoman pada
kaidah Rebifee yang menjelaskan sudut-sudut antara anggota tubuh yang
direkomendasikan yang akan memberikan kenyamanan pada saat mengemudi.
Lalu data tersebut diolah dengan menggunakan uji keseragaman clan kecukupan
data serta persentil.
Setelah rancangan yang lama dianalisa, kemudian dibuat rancangan yang
baru dengan mempcrhatikan sudut-sudut antara anggota tubuh dalam posisi
mengemudi mobil yang baik. Untuk selanjutnya rancangan yang baru dianalisa
secara ergonomi.