Abstract:
Pemasaran adalah bagian penting dalam kegiatan perusahaan untuk menjalankan
usahanya persaingan, perusahaan harus mengemangkan strategi pemasarannya
agar dapat bertahan dalam usaha yang sangat tinggi sehiingga berdampak pada
persaingan usaha yang sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh Marketing Mix (Produk, Harga, Lokasi, Promosi, Orang,Bukti fisik,
proses) terhadap kepuasan konsumen terhadap pelanggan Rahils Shoes dengan
menggunakan analisa Structural Equation Modeling (SEM) dengan pendekatan
Partial Least Square (PLS) dan menggunakan SoftwareSmartPLS3. Responden
dalam penelitian ini adalah pelanggan Rahils Shoes dariberbagai wilayah, dengan
total 153 orang. Pada penelitian ini menunjukan hasil bahwa: Nilai GoF lebih besar
dari 0.36. Berdasarkan hasil GoF yaitu Nilai sebesar0.682 dalam penelitian ini
artinya kecocokan model dengen variabel yang ditelitidapat dinyatakan kuat.
Berdasarkan hasil uji validitas dalam penelitian, maka diambil kesimpulan bahwa
kuisioner dinyatakan valid karena r hitung > 0,1587. Berdasarkan hasil uji
reliabilitas nilai cronbach’s alpha sebesar 0,977, maka dikatakan reliable karena
0,977>0,6. Berdasarkan hasil loading faktor semua indikator >0,7 artinya
indikator tersebut valid untuk mengukur konstruk yang dibentuknya. Nilai AVE
(Average Variance Extracted) untuk semua konstruk memiliki nilai >0,50. Oleh
karena itu tidak ada permasalahan convergent validitypada model yang diuji. Nilai
R-Square dari variabel kepuasan konsumen sebesar 0.857% dan sisanya
dipengaruhi oleh variabel lain sebesar 14.3%. (1)Produk tidak memberikan nilai
signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rahils Shoes dengan nilai P values 0,869
>0,05. Demikian hasil hipotesis 1 dalam penelitian ini ditolak. (2) Harga tidak
memberikan nilai signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rahils Shoes dengan
nilai P values 0,302 >0,05. Demikian hasil hipotesis 2 dalam penelitian ini
ditolak. (3) Lokasi tidak memberikan nilai signifikan terhadap kepuasan
pelanggan Rahils Shoes dengan nilai P values 0,238
>0,05. Demikian hasil hipotesis 3 dalam penelitian ini ditolak. (4) Promosi
memberikan nilai signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rahils Shoes dengan
nilai P values 0,000<0,05. Demikian hasil hipotesis 4 dalam penelitian ini
diterima. (5) orang tidak memberikan nilai signifikan terhadap kepuasan
pelanggan Rahils Shoes dengan nilai P values 0,645 >0,05. Demikian hasil
hipotesis 5 dalam penelitian ini ditolak. (6) Bukti fisik tidak memberikan nilai signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rahils Shoes dengan nilai P values
0,084 >0,05. Demikian hasil hipotesis 6 dalam penelitian ini ditolak. (7)
Proses memberikan nilai signifikan terhadap kepuasan pelanggan Rahils Shoes
dengan nilai P values 0,026 <0,05. Demikian hasil hipotesis 7 dalam penelitian
ini diterima.