Abstract:
Pengaduan masyarakat saat ini masih dilakukan secara manual yang harus mendatangi
kantor desa. Cara pengaduan seperti itu tentu akan memakan waktu dan memerlukan
waktu yang sedikit lama. Data pengaduan masyarakat tidak disimpan sebagai evaluasi
maupun bahan penyusunan Desa. Informasi yang disampaikan dari pihak pemerintah
desa pun lama untuk sampai kepada masyarakat. Pengaduan di Desa Pengasinan
merupakan usaha yang dilakukan oleh masyarakat dan pemerintah untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat. Aplikasi dan website pengaduan masyarakat ini bertujuan
untuk memudahkan masyarakat Desa Pengasinan dalam menyampaikan keluhan atas
kondisi sekitar dan pelayanan kependudukan tanpa harus datang ke kantor Desa
Pengasinan. Sehingga nantinya diharapkan pemerintah Desa Pengasinan dapat
meningkatkan pelayanan publik dengan menindaklanjuti pengaduan masyarakat
mauupun meneruskan pengaduan ke dinas terkait. Metode peneliti menggunakan
metode SDLC (System Development Life Cycle) dalam melakukan perancangan
aplikasi dengan metode proses waterfall. Aplikasi dikembangkan menggunakan
software visual studio code dalam bahasa pemrograman flutter. Sedangkan untuk
website yang digunakan admin dan masyarakat untuk mengolah data yang
dikembangkan dengan bahasa pemrograman PHP dan MySql. Aplikasi dan website ini
akan saling tukar menukar informasi antar masyarakat dengan desa. Aplikasi dan
website ini bertujuan untuk memudahkan, baik masyarakat maupun desa dalam
menukar informasi, yang kemudian data-data informasi tersebut bisa tersimpan dengan
utuh di dalam database