Abstract:
Dalam setiap perusahaan memiliki sebuah pembukuan terkait surat-menyurat, baik surat
masuk maupun surat keluar. Masih banyaknya sistem tersebut dijalankan secara manual
dan terdapat kekurangan pada proses yang berjalan tersebut. Di samping itu pula
dibutuhkan waktu yang lama dalam permintaan nomer surat keluar pada tiap divisi
dikarenakan terdapat perbedaan pada tiap tujuan surat keluar, oleh karena itu staff
pencatat dituntut untuk fleksibel, teliti dan cepat yang kemudian muncul masalah
bagaimana membangun sebuah sistem administrasi yang dapat mempermudah staff
pencatat maupun setiap pegawai pada perusahaan tersebut dalam mengelola administrasi
surat menyurat. Dengan menggunakan metode pengembangan aplikasi waterfall yang
digunakan sebagai acuan untuk pembuatan aplikasi ini, pada analisis kebutuhan aplikasi
ini juga menggunakan tool ERD dan DFD. Proses pengembangan pada sistem ini
dibangun dengan menggunakan framework codeigniter serta memakai bahasa
pemograman PHP dan database MYSQL. Diharapkan agar penggunaan aplikasi ini
mampu memberikan solusi untuk sistem administrasi pengarsipan surat menyurat yang
lebih baik pada perusahaan tersebut.