Abstract:
Baja jenis VCN 150 termasuk dalam baja paduan karbon rendah dengan
kekuatan tinggi. Pemanfaatan dan penggunaan baja VCN 150 banyak dipakai untuk
pembuatan: Roda gigi, Poros engkol, Propeler, Alat kemudi (Aircraft Parts). Pada
penelitian ini baja VCN 150 dilakukan proses hardening, temper, dan nonnalisasi untuk
mendapatkan sifat-sifat mekanis yang disesuaikan dengan pemakaiannya.
Temperatur austenisasi yang digunakan air dan oli, sedangkan untuk nonnalisasi
digunakan media udara, dan untuk tempering dilakukan pemanasan ulang dibawah
temperatur 900 °C, yaitu 300 C, 350 °C dan 400 C selama 30 menit.
Setelah itu dilakukan pengujian - pengujian meliputi :
- Pengujian tarik
Pengujian kekerasan
Pengamatan metalografi.
Proses perlakuan panas yang dilakukan menunjukan bahwa adanya peningkatan
kekuatan dan nilai kekerasannya jika dibandingkan dengan material asal ( tanpa
perlakuan ). Dari pengujian yang dilakukan memperlihatkan hardening dengan
austenisasi 900 C media pendingin air memiliki nilai tegangan tarik maksimum (om )
tertinggi yaitu 1793,58 N/mm', regangan (e) ialah 2%, reduksi penampangnya ( Q )
adalah 3,97 % serta memiliki nilai kekerasan ( HV ) yaitu 532,3 N/mm. Struktur mikro
utama yang dihasilkannya ialah struktur martensit. Nilai ketangguhan (Ur) tertinggi
terdapat pada material yang mengalami tempering air 300" C dengan nilai ketangguhan
«