Abstract:
Peningkatan kualitas yang dilakukan pada PT. Inspira Multi Karya pada produk partisi masih belum efektif terbukti dengan adanya produk cacat seperti terjadinya cacat baret cacat penyok, cacat retak,cacat tepi. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis tertarik melakukan analisis peningkatan kualitas produk Partisi Kantor dengan menggunakan metode Six Sigma dan peningkatan proses dengan pendekatan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) untuk mengurangi tingkat cacat produk, serta dengan bantuan alat analisis berupa Diagram Pareto, Diagram Fishbone, FMEA setelah dilakukannya semua analisis didapatkan hasilnya yaitu Faktor – faktor penyebab terjadinya cacat produk partisi kantor pada PT. Inspira Multi Karya yaitu Manusia, Lingkungan, dan Metode. Hasil perhitungan nilai Defect Per Million Opportunity (DPMO) digunakan untuk menentukan tingkat cacat per sejuta peluang. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai sigma sebesar 3,0502 dengan nilai rata-rata Defect Per Million Opportunity (DPMO) sebesar 61405 per satu juta kesempatan, Defect per Opportunity (DPO) atau kemungkinan produk Partisi Kantor mengalami cacat untuk memenuhi standar perusahaan PT. Inspira Multi Karya sebesar 0,061405. Usulan perbaikan yang perlu dilakukan untuk mengurangi tingkat cacat pada produk Partisi Kantor adalah Melakukan pembuatan SOP yang baik dan sesuai, Karton untuk pengepakan harus diberi Styrofoam, Memotong bahan sesuai dimensi standar ukuran, Melakukan pengecekan bahan baku sebelum diproses, Karyawan harus bekerja dengan teliti dan focus,Mengadakan training terhadap operator yang bersangkutan.