dc.description.abstract |
PT. Astra Daihatsu Motor merupakan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) mobil
Daihatsu di Indonesia yang berhak mengimpor, merakit dan membuat kendaraan bermerk
Daihatsu dan Toyota, komponen serta bisnis terkait di Indonesia. Penelitian ini dilakukan
pada area Assembly Divisi Sunter Assembly Plant. Tujuan penelitian ini untuk
menyelesaikan permasalahan terkait dengan nilai I CARE indeks prilaku team leader yang
mengalami penurunan dari tahun 2021-2022 sebesar 5%. Dari hasil analisis peneliti
menemukan pengaruh nilai prilaku team leader terhadap hasil kerja timnya sehingga
target productivity tidak tercapai. Peneliti menggunakan metode design thinking untuk
menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Terdapat 5 tahap dalam design thinking, yaitu:
Empathy, Define, Ideate, Prototype, Uji. Pada tahapan empathy didapatkan dua persona
dari hasil analisis demografi team leader. Tahap define menemukan real need persona,
hasil define selanjutnya dijadikan dasar dalam tahap ideate. Hasilnya, peneliti membuat
program development dalam training leader basic rule yang dibuat pada tahap prototype.
Prototype yang telah berhasil memenuhi kebutuhan persona selanjutnya dilakukan uji.
Hasilnya terdapat feedback dan proses iterasi untuk menyempurnakan prototype yang
dibuat. Hasil penelitian ini telah dilakukan evaluasi dengan hasil peningkatan point indeks
I CARE prilaku team leader menjadi 73% atau naik 11%. Serta tercapainya beberapa
indikator keberhasilan team leader di area kerjanya. |
en_US |