DSpace Repository

PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM), DAYA TARIK, DAN LOKASI TERHADAP MINAT WISATAWAN UNTUK MELAKUKAN PERJALANAN WISATA (Studi Kasus di Kota Malang)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Widayani, Katri
dc.contributor.author Al Baqir, Muhammad Haydar
dc.date.accessioned 2024-06-13T02:45:17Z
dc.date.available 2024-06-13T02:45:17Z
dc.date.issued 2024-02-12
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/2139
dc.description Dosen pembimbing : Katri Widayani en_US
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh electronic word of mouth (eWOM), daya tarik, dan lokasi terhadap minat wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Model dan hipotesis diuji menggunakan sampel 75 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah prosedur sampling peluang (probability sampling). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antara variabel e-WOM, daya tarik, dan lokasi dengan minat wisatawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Electronic Word of Mouth (e-WOM) tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat wisatawan untuk melakukan perjalanan wisata di Kota Malang, dikarenakan kurangnya sampel populasi yang diuji. Selain itu, daya tarik dan lokasi juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat wisatawan. Temuan ini menunjukkan bahwa e-WOM, daya tarik, dan lokasi memainkan peran penting dalam membentuk minat wisatawan untuk berkunjung ke Kota Malang. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya promosi melalui media sosial dan platform online untuk meningkatkan minat wisatawan. Selain itu, pemerintah dan pemangku kepentingan pariwisata di Kota Malang perlu memperhatikan daya tarik dan fasilitas wisata yang ditawarkan, serta memperbaiki aksesibilitas dan infrastruktur untuk meningkatkan daya tarik dan minat wisatawan. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi pihak terkait dalam mengembangkan strategi promosi dan pengelolaan destinasi wisata di Kota Malang. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Daya Tarik en_US
dc.subject Electronic Word of Mouth en_US
dc.subject Lokasi en_US
dc.subject Minat Berkunjung en_US
dc.title PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (e-WOM), DAYA TARIK, DAN LOKASI TERHADAP MINAT WISATAWAN UNTUK MELAKUKAN PERJALANAN WISATA (Studi Kasus di Kota Malang) en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0013095901
dc.identifier.nim NIM1412000025
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI61201#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account