Abstract:
Perusahaan yang bergerak dalam bidang supplier bahan bangunan ini tidak luput
dari persaingan tersebut, dimana suatu perusahaan dituntut untuk mampu
menghadapi berbagai kendala yang timbul dalam mengelola bisnisnya, juga untuk
menjamin perusahaan yang bersangkutan supaya dapat beroperasi dengan efektif
dan efisien. Maka dari itu perusahaan harus mampu memberikan kepuasan
terhadap pelanggan, dengan cara menawarkan produk yang berkualitas dan
pelayanan yang baik. Kualitas produk dan layanan yang diberikan perusahaan
sesuai dengan apa yang diharapkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui adakah pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen pada Cv. Fajar Wijaya. Sampel berjumlah 80 responden yaitu
para konsumen Cv. Fajar Wijaya. Penelitian ini menggunakan metode analisa
Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan Software SmartPLS3.
Item yang digunakan dalam penelitian sudah valid mengukur variabel dibuktikan
secara statistik dengan nilai alpha >0.60 antara lain 0,942 (kualitas produk), 0.896
(kualitas pelayanan), 0.779 (harga) dan 0,968 (kepuasan konsumen) Dari hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa:. Terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan,
antara kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan
konsumen. Berdasarkan hasil analisis statistik didapatkan pengaruh positif dan
signifikan sebesar 0.424 (kualitas produk), 0.438 (kualitas pelayanan) dan 0,135
(harga) sehingga hasil dinyatakan valid. Hasil dari analisis secara stimulan Rsquare menunjukan nilai sebesar 0.965 yang berarti variabel laten endogen dalam
penelitian ini dapat mempengaruhi kepuasan konsumen sebesar 95,6% secara
keseluruhan.