Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara stimultan
antara program in the job training (X1), bimbingan karier (X2), dan bimbingan konseling
(X3) terhadap soft skill siswa untuk di dunia kerja (Y), serta pengaruh secara parsial antara
pengaruh program in the job training (X1) terhadap soft skill siswa untuk di dunia kerja
(Y), pengaruh bimbingan karier (X2) terhadap soft skill siswa untuk di dunia kerja (Y),
dan pengaruh bimbingan konseling (X3) terhadap soft skill siswa untuk di dunia kerja
(Y). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sampel berjumlah 121 responden.
Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer dengan menyebar kuesioner
kepada responden dan data sekunder yang berasal dari dokumentasi. Teknik analisis data
pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan Software IBM
SPSS Statistics 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program in the job training
berpengaruh terhadap soft skill siswa untuk di dunia kerja, bimbingan karier tidak
berpengaruh terhadap soft skill siswa untuk di dunia kerja, dan bimbingan konseling
berpengaruh terhadap soft skill siswa untuk di dunia kerja. Selain itu, program in the job
training, bimbingan karier, dan bimbingan konseling secara stimultan berpengaruh
terhadap soft skill siswa untuk di dunia kerja.