DSpace Repository

APLIKASI TEKNOLOGI FORM TRAVELER UNDERSLUNG PADA SUPPORTING FORMWORK MAIN DECK PROYEK JEMBATAN CABLE STAYED TELUK KENDARI

Show simple item record

dc.contributor.author Prastyo, Sugeng
dc.contributor.author Mochtar, Krishna
dc.date.accessioned 2024-01-08T03:46:14Z
dc.date.available 2024-01-08T03:46:14Z
dc.date.issued 2023-07-24
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1939
dc.description Dosen pembimbing : Krishna Mochtar en_US
dc.description.abstract Penggunaan teknologi Form Traveler Underslung pada pengecoran in situ main deck Jembatan Cable Stayed merupakan salah satu alternatif Metode Pelaksanaan Pembangunan Jembatan yang melintasi atau membentangi laut, selat, sungai atau jurang. Aplikasi Teknologi Form Traveler pada pengecoran in situ deck jembatan cable stayed berawal dari konsep design form Traveler, detail fabrikasi dan assembly, erection, lauching dan operasional form Traveler. Komponen utama form traveler terdiri dari : Main Girder, Transverse Truss, Casting Hanger, Main Kicker, Launching Hanger dan Komponen Bekisting Form Traveler terdiri dari Edge Beam Formwork, Inner Formwork, Platform Bracket, Inner Formwork Support System, Gantry. Pekerjaan pengecoran segmen deck jembatan yang menggunakan Form Traveler meliputi : Persiapan launching, Release Bekisting Bawah Edge Beam, Release Bekisting Dalam, Launching ke Segmen berikutnya, Fixing FT (CH, Kicker, LH), Formwork Setting, Install Guide Pipe , Install Stay Cable Tahap I, Install Pembesian, Install Post Tensioning, Pengecoran Slab Segmen (SS/MS), Curing. Perhitungan Kekuatan Batang Tarik Form Traveler saat pengecoran per segmen Deck Jembatan sepanjang 9 m dengan volume beton : 185,91 m3 dan beban (Pu) : 4461,84 KN lebih kecil dari kekuatan batang tarik kondisi fraktur QtPn : 5.378,91 KN, sehingga kekuatan batang tarik pada Form Traveler tersebut aman dan kuat. Dari hasil perhitungan didapatkan kelangsingan (λ) 60,40 < 300 (memenuhi). Analisis biaya konstruksi form traveler ditentukan berdasarkan komponen : Material Baja Struktur dan Fabrikasi, Design, Assembly dan Hidraulic System, Operasional, Transportasi/Delivery, dan peralatan bantu sebesar Rp. 62.694.825.971. Hasil perhitungan produktivitas pekerjaan pengecoran deck yang menggunakan form traveler dituangkan pada Ganttchart /schedule dalam bentuk bar-chart Microsoft Project. Pengecoran Segmen Deck Jembatan yang menggunakan Form Traveler sebanyak 32 Segmen didapatkan durasi Pekerjaan Pengecoran : 11-14 hari tiap segmen dari target rencana awal di 13 hari tiap segmen. Penerapan Teknologi Form Traveler perlu didukung site management antara lain : Pengaturan shift pekerja yang efektif dan efisien serta skill, kompetensi, keahlian tenaga kerja, Arrangement peralatan kerja utama, Inovasi Metode Kerja, Optimasi Pelaksanaan Pekerjaan dengan siklus durasi waktu kerja yang cepat sehingga dapat menurunkan biaya operasional. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Form Traveler en_US
dc.subject Underslung en_US
dc.subject in situ en_US
dc.subject biaya konstruksi en_US
dc.subject produktivitas en_US
dc.subject Ganttchar en_US
dc.title APLIKASI TEKNOLOGI FORM TRAVELER UNDERSLUNG PADA SUPPORTING FORMWORK MAIN DECK PROYEK JEMBATAN CABLE STAYED TELUK KENDARI en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0321096101
dc.identifier.nim NIM1212225003
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI22201#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account