Abstract:
Pelumasan merupakan suatu proses yang terjadi didalam mesin, bertujuan untuk
menghasilkan pelumasan yang optimal dalam segala situasi dan kondisi apapun. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui karakteristik pelumasan dari mesin diesel Mitsubishi FE
74 serta mengetahui seberapa besar perbandingan daya dan torsi yang dihasilkan roda
berdasarkan standar daya mesin 125PS. Metode pengujian dilakukan dengan pemeriksaan
pada mesin serta membandingkan pelumas baru dan pelumas bekas pada laboratorium
kemudian merapkan dengan menguji kendaraan pada Dynamometer. Karakteristik
menunjukan bahwa pelumas baru mengandung kadar asam 1,44 mgKOH/g, pelumas
bekas 2,45 mgKOH/g. Viskositas kinematik 72,89 mm2
/s (cSt), kadar air 0,33%, index
viskositas 140 pada pelumas baru. Pelumas bekas viskositas kinematik 113,46 mm2
/s
(cSt) kadar air 0,48% index viskositas 132. Daya maksimum pelumas bekas sebesar 74
HP dan torsi maksimum sebesar 216 Nm. Daya maksimum pelumas baru temperatur
tinggi sebesar 76 HP dan torsi maksimum sebesar 217 Nm. Daya maksimum pelumas
baru temperatur rendah sebesar 70 HP dan torsi maksimum sebesar 199 Nm. Pelumas
yang digunakan pada mesin diesel ini tidak sesuai dengan standar karakteristik viskositas
(ν) yang sebenarnya.