Abstract:
PT. Andalan Pratama Indonusa (API) merupakan perusahaan yang bergerak pada
bidang teknologi dan informasi, terutama dalam pembangunan infrastruktur
jaringan telekomunikasi dan digital marketing sejak tahun 2015. PT API memiliki
hubungan keterikatan yang erat dengan perusahaan-perusahaan nasional, badanbadan pemerintah ataupun institusi pendidikan. Namun, untuk saat ini perusahaan
belum menerapkan sistem penilaian dan pengontrolan kinerja. Akibatnya setiap
kegiatan tidak terarah dengan baik dan kerap kali tidak sesuai dengan sasaran
strategis perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah Merancang sistem pengukuran
kinerja PT. Andalan Pratama Indonusa dengan menggunakan metode Balance
Scorecard serta menentukan bobot prioritas kinerja PT. Andalan Pratama Indonusa
dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process. Dari hasil penelitian
didapatkan Didapatkan hasil prioritas yang pertama KPI tingkat pertumbuhan
pendapatan dengan bobot kinerja sebesar 19% pada perspektif keuangan dengan
bobot sebesar 19%. Untuk perspektif dengan bobot tertinggi adalah perspektif
proses bisnis internal yaitu sebesar 40%, diikuti oleh perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan dengan nilai bobot sebesar 28%, lalu perspektif keuangan sebesar
19% dan terakhir perspektif pelanggan dengan nilai bobot sebesar 13%.