Abstract:
Aplikasi SiAkadCloud merupakan layanan sistem informasi manajemen akademik
terpadu untuk perguruan tinggi atau universitas berbasis Android. Berdasarkan hasil studi
dan wawancara pendahuluan kepada 5 orang pengguna aplikasi, ditemukan permasalahan
yang dialami pengguna yaitu Kesulitan dalam mencari, mencetak KRS dan KHS, Tidak
bisa mengunduh KRS dan Transkip Nilai, lalu pengguna merasa kurang puas terhadap
kinerja aplikasi karena kesulitan-kesulitan yang pengguna alami. Sehingga diperlukannya
evaluasi Usability aplikasi siAkadCloud. Pengujian ini akan dilakukan dengan 3 tahap,
yaitu tes tugas, kedua mengisi kuesioner dan ketiga wawancara, menggunakan Metode
Usability Testing dan USE Questionnaire. Kuesioner USE yang mencakup empat
parameter yaitu usefulness, ease of use, ease of learning dan satisfaction. Sampel
penelitian ini menggunakan 2 kelompok pengguna yaitu 5 pengguna terampil dan 5
pengguna pemula. Hasil peneltian ditemukan beberapa permasalahan tersebut antara lain,
masih banyak Error yang dilakukan responden, Tidak Ada Kolom pencarian (M1), Tidak
adanya tombol bantuan (M2), Tidak dapat mengunduh KRS (M3), Warna font di profil
dengan background latar tidak kontras sehingga sulit untuk dibaca (M4), Menu sulit
diingat karena Icon kurang mencolok (M5). Didapat Nilai Usability masing-masing
parameter adalah Usefulness sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 4,16 menjadi 5,35
dengan peningkatan sebesar 29%, Ease of Use sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata
3,82 menjadi 5,43 dengan peningkatan sebesar 42%, Ease of Learning sebelum perbaikan
dengan nilai rata-rata 4,05 menjadi 5,40 dengan peningkatan sebesar 33%, serta
Satisfaction sebelum perbaikan dengan nilai rata-rata 3,41 menjadi 5,31 dengan
peningkatan sebesar 56%. Perbaikan yang diberikan adalah memberikan infografis design
interface dengan prototype design aplikasi menggunakan Figma.