Abstract:
Sekolah Alam adalah program pembelajaran lebih mengasyikkan memberikan
kebebasan kepada anak-anak untuk melakukan eksplorasi dan percobaan serta mendorong
mereka untuk menemukan pemahaman sendiri. Hal ini merangsang rasa ingin tahu anak dan
meningkatkan kreativitas mereka selain itu pendekatan ini juga membantu menghindarkan
anak-anak dari stres dalam belajar. Dapat dipengaruhi oleh metode pembelajaran formal di
sekolah yang di anggap membosankan oleh sebagian siswa, salah satu cara untuk mengatasi
hal tersebut adalah orang tua siswa dapat menerapkan sistem pendidikan taman kanak-kanak
dengan kebiasaan beberapa siswa yang tidak aktif dalam proses pembelajaran di kelas karena
merasa bosan dengan metode pembelajaran yang dianggap monoton. Namun mereka tetap
aktif dalam proses pembelajaran di luar kelas seperti pengembangan diri, pelajaran jasmani,
kegiatan berkebun dan pengetahuan budaya setempat. Dalam proses pembelajaran usia dini
harus dikenalkan dengan budaya setempat Penerapan konsep arsitektur regionalisme juga
dimaksudkan untuk menghasilkan bangunan yang menonjolkan citra budaya lokal kota
Tangerang dengan memasukkan unsur-unsur lokal pada bangunannya.