Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana budaya, sosial, pribadi, dan
psikologi,terhadap pengaruh perilaku konsumen Gojek secara parsial maupun simultan.
Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Gojek, sampel yang digunakan
sebanyak 100 orang responden dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling.
Teknik pengambilan data pada penelitian inti yaitu dengan menyebarkan kuisioner yang di
olah menggunakan program statistik. Berdasarkan hasil uji t (parsial) diketahui bahwa
budaya,sosial,psikologi tidak berpengaruh terhadap keputusan konsumen, hal ini di lihat
bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel. Dan pribadi di ketahui berpengaruh terhadap perilaku
konsumen, hal ini dilihat bahwa t hitung lebih besar dari t tabel. Berdasarkan uji F simultan
di ketahui bahwa variabel budaya,sosial,pribadi,dan psikologi, berpengaruh terhadap variabel
dependen keputusan konsumen secara simultan atau bersama-sama. Berdasarkan hasil
koefisien determinasi (r2)di ketahui bahwa nilai R sebesar 0,349 atau 34,9% itu artinya
variabel independen budaya,sosial,pribadi,psikologi berpengaruh terhadap variabel dependen
yaitu keputusan konsumen sebesar 34,9%. Sedangkan sisanya 65,1% itu artinya variabel
independen budaya,sosial,budaya, dan psikologi berpengaruh terhadap variabel dependen
keputusan konsumen.