DSpace Repository

IMPLEMENTASI MACHINE LEARNING DALAM PEMBUATAN CHATBOT PADA SISTEM APLIKASI PERATURANKU

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muhamad Soleh
dc.contributor.author Purwitasari, Nia Agustina
dc.date.accessioned 2022-08-30T06:59:00Z
dc.date.available 2022-08-30T06:59:00Z
dc.date.issued 2022-10-17
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/1316
dc.description Dosen Pembimbing: Muhamad Soleh en_US
dc.description.abstract Era revolusi industri 4.0 merupakan istilah umum untuk menggambarkan tingkatan perkembangan industri teknologi di dunia yang bersifat digital. Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini telah banyak digunakan adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Kecerdasan buatan dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang hukum. Hukum di Indonesia masih memiliki banyak peraturan perundang undangan yang membuat masyarakat kesulitan dalam mencari dan mengetahui peraturan yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem atau aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam mencari dan mengetahui mengenai peraturan yang ada. Aplikasi tersebut akan dilengkapi dengan salah satu penerapan dari kecerdasan buatan yaitu chatbot (chatting bot). Chatbot adalah sebuah teknologi yang mengolah masukan berupa teks yang kemudian didapatkan kata kunci untuk memberikan jawaban atau respon. Penggunaan chatbot dapat memudahkan masyarakat selaku pengguna agar lebih mudah dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi mengenai pertanyaan seputar peraturan-peraturan dalam aplikasi tersebut. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis terhadap pembangunan chatbot menggunakan algoritma Machine Learning yaitu Artificial Neural Network (ANN) dan pendekatan Natural Language Processing (NLP). Dalam mengimplementasikan sistem ini, tahapan yang akan dilakukan adalah pengumpulan dataset, text preprocessing dan pengklasifikasian data. Dataset yang digunakan merupakan data yang di masukan secara manual dan disimpan dalam format JSON. Tahapan text preprocessing terdiri dari case folding, tokenizing, filtering, dan stemming yang dilakukan menggunakan pendekatan NLP. Hasil dari text preprocessing akan digunakan dalam pelatihan data menggunakan algoritma ANN dan menghasilkan sebuah model chatbot untuk dilakukan pengujian. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 35 percakapan yang berbeda. Dari 35 percakapan, chatbot berhasil menjawab tepat sebanyak 33 percakapan dan jawaban salah sebanyak 2 percakapan. Hasil pengujian menunjukkan hasil yang baik dengan tingkat akurasi sebesar 94,28% dan kesalahan 5,71%. Model chatbot yang telah diuji coba kemudian akan disimpan ke dalam file dengan format TensorFlow Lite untuk digunakan dalam aplikasi Peraturanku.Era revolusi industri 4.0 merupakan istilah umum untuk menggambarkan tingkatan perkembangan industri teknologi di dunia yang bersifat digital. Salah satu perkembangan teknologi yang saat ini telah banyak digunakan adalah kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). Kecerdasan buatan dimanfaatkan dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang hukum. Hukum di Indonesia masih memiliki banyak peraturan perundang undangan yang membuat masyarakat kesulitan dalam mencari dan mengetahui peraturan yang ada. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem atau aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam mencari dan mengetahui mengenai peraturan yang ada. Aplikasi tersebut akan dilengkapi dengan salah satu penerapan dari kecerdasan buatan yaitu chatbot (chatting bot). Chatbot adalah sebuah teknologi yang mengolah masukan berupa teks yang kemudian didapatkan kata kunci untuk memberikan jawaban atau respon. Penggunaan chatbot dapat memudahkan masyarakat selaku pengguna agar lebih mudah dalam berkomunikasi dan mendapatkan informasi mengenai pertanyaan seputar peraturan-peraturan dalam aplikasi tersebut. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis terhadap pembangunan chatbot menggunakan algoritma Machine Learning yaitu Artificial Neural Network (ANN) dan pendekatan Natural Language Processing (NLP). Dalam mengimplementasikan sistem ini, tahapan yang akan dilakukan adalah pengumpulan dataset, text preprocessing dan pengklasifikasian data. Dataset yang digunakan merupakan data yang di masukan secara manual dan disimpan dalam format JSON. Tahapan text preprocessing terdiri dari case folding, tokenizing, filtering, dan stemming yang dilakukan menggunakan pendekatan NLP. Hasil dari text preprocessing akan digunakan dalam pelatihan data menggunakan algoritma ANN dan menghasilkan sebuah model chatbot untuk dilakukan pengujian. Pengujian dilakukan dengan menggunakan 35 percakapan yang berbeda. Dari 35 percakapan, chatbot berhasil menjawab tepat sebanyak 33 percakapan dan jawaban salah sebanyak 2 percakapan. Hasil pengujian menunjukkan hasil yang baik dengan tingkat akurasi sebesar 94,28% dan kesalahan 5,71%. Model chatbot yang telah diuji coba kemudian akan disimpan ke dalam file dengan format TensorFlow Lite untuk digunakan dalam aplikasi Peraturanku. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Algoritma Artificial Neural Network (ANN), en_US
dc.subject Chatbot en_US
dc.subject Machine Learning en_US
dc.subject Natural Language Processing (NLP), en_US
dc.subject Peraturan Perundang-Undangan en_US
dc.subject TensorFlow Lite en_US
dc.title IMPLEMENTASI MACHINE LEARNING DALAM PEMBUATAN CHATBOT PADA SISTEM APLIKASI PERATURANKU en_US
dc.type Other en_US
dc.identifier.nidn NIDN0302128902
dc.identifier.nim NIM1151700001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI55201#Teknik Informatika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account