DSpace Repository

KARAKTERISTIK PROSES PENGELASAN TIG PADA ALUMUNIUM 5052 DAN ALUMUNIUM 6061 TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO UNTUK APLIKASI RANGKA PELINDUNG (ROLL CAGE) PADA MOBIL BALAP RALLY

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pathya Rupajati
dc.contributor.author Anggoro, Irfan Bayu
dc.date.accessioned 2020-12-03T08:04:49Z
dc.date.available 2020-12-03T08:04:49Z
dc.date.issued 2020-08
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/129
dc.description Dosen Pembimbing: Pathya Rupajati en_US
dc.description.abstract Alumunium 5052 dan Alumunium 6061 merupakan paduan aluminium (Al) dengan magnesium (Mg), dan ada unsur paduan Silika (Si) pada Almunium 6061. Almumunium memiliki sifat tidak dapat diperlakukan-panas, tetapi memiliki sifat baik dalam daya tahan korosi terutama korosi yang di sebabkan oleh air laut. Weldability(sifat mampu las) pada AlMg banyak dipakai untuk konstruksi umum, termasuk pada bidang otomotif. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisa seberapa besar pengaruh parameter proses pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas) terhadap karakteristik sifat mekanis material paduan antara Aluminium 5052 dan Aluminium 6061 untuk aplikasi rangka pelindung(Roll Cage) pada mobil balap rally. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode pengujian makro struktur, dan pengujian sifat mekanis seperti pengujian Tarik, dan pengujian vickers. Hasil pengujian makro dengan pembesaran 10 kali menggunakan makro Etsa didapat terlihatnya cacat pengelasan Incomplete Penetration, ataupun retakan pada weld metal, dan pada hasil pengujian mikro dapat dilihat cacat-cacat pengelasan, dan struktur fasanya. Pada pengujian kekuatan tarik hasil maksimum didapatkan pada pengelasan material kombinasi AA-6061 dengan AA-6061 sebesar 71,5 N/mm², dan hasil pengujian vickers kekuatan terbesar terdapat pada Heat Affected Zone (HAZ) yaitu pada material kombinasi AA-6061 dengan AA6061, dengan nilai terbesar sebesar 67,8 HV. Dari nilai kekerasan material paduan tersebut mendapatkan hasil yang tidak jauh berbeda. Salah satu penyebab perbedaan nilai kekerasan ini dikarenakan adanya tingkat cacat pengelasan pada material tersebut. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject TIG Pengelasan en_US
dc.subject Kuat Arus Pengelasan en_US
dc.subject Kecepatan Las en_US
dc.subject Sudut Kampuh en_US
dc.subject Alumunium Paduan en_US
dc.title KARAKTERISTIK PROSES PENGELASAN TIG PADA ALUMUNIUM 5052 DAN ALUMUNIUM 6061 TERHADAP SIFAT MEKANIS DAN STRUKTUR MIKRO UNTUK APLIKASI RANGKA PELINDUNG (ROLL CAGE) PADA MOBIL BALAP RALLY en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0313108701
dc.identifier.nim NIM1121400020
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI21201#Teknik Mesin


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account