Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap
keputusan pembelian Mobil Toyota Calya Pada AUTO 2000 Cabang Pasar Kemis
Tangerang. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen Toyota Calya, sampel yang
digunakan sebanyak 140 orang responden dengan menggunakan teknik sampling
purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah
analisis regresi linier berganda dengan menggunakan Statistical Product and Servise
Solution (SPSS) v.25 dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t.Berdasarkan hasil uji
t (parsial) diketahui bahwa produk (X1) berpengaruh terhadap keputusan pembelian
Toyota Calya, hal ini didukung dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel
(3,199>1.97769). Sedangkan Harga (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan
pembelian Toyota Calya, hal ini dilihat dengan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel
(0,123>1,97769). Dan distribusi (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian
Toyota Calya, hal ini didukung dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel
(2,950>1.97769). Dan promosi (X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian Toyota
Calya, hal ini didukung dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4,697>1.97769).
Berdasarkan uji F (simultan) diketahui bahwa variabel produk, harga, dan promosi
berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian Toyota
Calya, hal ini didukung dengan nilai F hitung yang lebih besar dari F tabel
(55,082>2.44), dan berdasarkan hasil koefisien determinasi(R2) diketahui bahwa nilai
R square sebesar 0,620 atau 62,0% , itu artinya variabel independen yang terdiri dari
produk, harga, dan promosi berpengaruh terhadap variabel dependen yaitu keputusan
pembelian sebesar 62,0%. Sedangkan sisanya sebesar 38,0% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak ada dalam penelitian ini.