dc.contributor.advisor |
Kusriantari Fenny Aprillia |
|
dc.contributor.author |
Sukiman, Atmadella |
|
dc.date.accessioned |
2021-10-21T07:39:57Z |
|
dc.date.available |
2021-10-21T07:39:57Z |
|
dc.date.issued |
2021-08 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/956 |
|
dc.description |
Dosen Pembimbing: Kusriantari Fenny Aprillia |
en_US |
dc.description.abstract |
Anak usia dini adalah anak yang berada pada rentang waktu 0-6 tahun, di mana masa tersebut merupakan masa potensial bagi anak untuk menerima pendidikan formal pra sekolah. Anak usia dini memiliki berbagai karakter psikologi yang perlu diakomodir dengan baik, terutama melalui desain bangunan Taman Kanak-Kanak yang tepat sehingga anak merasa nyaman dalam menempuh pendidikan. Pendekatan psikologi arsitektur menjembatani desain dengan kebutuhan psikologis anak melalui prinsip psikologi dalam mendesain. Mempelajari hubungan desain dan kebutuhan psikologis anak dilakukan melalui studi literatur dan studi kasus terhadap 3 bangunan TK, yaitu TK St. John, TK Stella Maris, dan TK Pahoa. Setelah mendapat hasil dari literatur dan studi kasus, lokasi ditentukan di Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Parigi. Konsep bangunan TK berasal dari ide awal berupa kombinasi mainan anak lego dan tetris dengan pengaplikasian psikologi arsitektur pada desainnya. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Institut Teknologi Indonesia |
en_US |
dc.subject |
Anak Usia Dini |
en_US |
dc.subject |
Taman Kanak-Kanak |
en_US |
dc.subject |
Psikologi |
en_US |
dc.subject |
Psikologi Arsitektur |
en_US |
dc.title |
TAMAN KANAK-KANAK DENGAN PENDEKATAN PSIKOLOGI ARSITEKTUR DI TANGERANG SELATAN |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |
dc.identifier.nidn |
NIDN0312049004 |
|
dc.identifier.nim |
NIM1221700007 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI23201#Arsitektur |
|