DSpace Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA “PERLIN NOISE” UNTUK PROCEDURAL TERRAIN GENERATION DALAM GAME LET’S MINING

Show simple item record

dc.contributor.advisor Suryo Bramasto
dc.contributor.author Ariessanta, Bezaleel Bagoes Anugrahri
dc.date.accessioned 2021-09-27T02:55:02Z
dc.date.available 2021-09-27T02:55:02Z
dc.date.issued 2021-08-25
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/882
dc.description Dosen Pembimbing: Suryo Bramasto en_US
dc.description.abstract Video game merupakan permainan yang dimainkan pada komputer, dimana gambar muncul pada layar dan dapat dikendalikan dengan menekan tombol pada keyboard atau menggerakan konsol. Pada saat ini game adventure-open world sangat digemari. Oleh sebab itu dibuatlah game adventure-open world-sandbox dengan menggunakan procedural content generation bernama Let’s Mining. Procedural content generation adalah sebuah proses yang menggunakan sistem AI untuk menghasilkan tekstur, efek alami, level dan misi ataupun tantangan hingga aturan permainan itu sendiri. Metode yang digunakan adalah : analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian, serta dengan metode Agile. PCG dalam projek ini berupa terrain generation dengan menggunakan algoritma Perlin Noise yang merupakan tipe dari gradien noise. Projek ini menggunakan 2D dan 3D Perlin Noise. Software komputer yang digunakan adalah Unity 2019.3.3f1 dan Visual Studio 2013, dimana berguna untuk membuat game ini. Dengan library C# Perlin Noise yang dapat diimplementasikan kedalam terrain agar tekstur dan gradasinya terlihat lebih natural. Sehingga menghasilkan game dengan terrain seolah-olah tidak terhingga luasnya dan bioma yang terlihat natural serta translasi pada setiap perbatasan dari bioma yang terlihat halus. Dari projek ini dapat disimpulkan, bahwa dengan menggunakan Perlin Noise maka gradasi terrain yang dihasilkan game akan membuat seakan-akan meniru penampilan tekstur acak dari alam. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Konten Game en_US
dc.subject Game Development en_US
dc.subject Procedural Content Generation en_US
dc.subject Perlin Noise en_US
dc.subject Peforma Frame Per Second en_US
dc.title IMPLEMENTASI ALGORITMA “PERLIN NOISE” UNTUK PROCEDURAL TERRAIN GENERATION DALAM GAME LET’S MINING en_US
dc.type Thesis en_US
dc.identifier.nidn NIDN0305128109
dc.identifier.nim NIM1151600076
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI55201#Teknik Informatika


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account