dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Brand Image (Citra Merek)
Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Institut
Teknologi Indonesia), 2) Pengaruh Product Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru (Studi
Kasus pada Perguruan Tinggi Institut Teknologi Indonesia), 3) Pengaruh Price Terhadap
Minat Calon Mahasiswa Baru (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Institut Teknologi
Indonesia), 4) Pengaruh Promotion Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru (Studi Kasus
pada Perguruan Tinggi Institut Teknologi Indonesia), dan Pengaruh Place Terhadap Minat
Calon Mahasiswa Baru (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Institut Teknologi Indonesia).
Subjek dari penelitian ini adalah calon mahasiswa yang mendaftar di ITI dengan jumlah
responden yaitu 115 orang dengan teknik penarikan sampling adalah convenience sampling
yang merupakan bagian dari non-probability sampling. Pengumpulan data dilaksanakan
dengan cara menyebarkan kuesioner dan juga bersumber dari buku, jurnal, serta teori dari
para ahli. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling)
dengan menggunakan software Amos versi 23. Uji yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji EFA, uji CFA (uji validitas konstruk dan uji
reliabilitas konstruk), uji normalitas, dan uji hipotesis (SEM). Hasil dari penelitian ini: 1)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan Brand Image Terhadap Minat Calon Mahasiswa
Baru Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Institut Teknologi Indonesia. Hal ini dapat dilihat
dari nilai c.r bernilai positif dan >1,96 yaitu 2,450 yang memiliki arti brand image memiliki
pengaruh positif. Nilai P < 0,05 yang berarti pengaruhnya signifikan. 2) Terdapat pengaruh
negatif Product Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru Studi Kasus pada Perguruan
Tinggi Institut Teknologi Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai c.r bernilai negatif dan <
1,96 yaitu -0,161 yang memiliki arti product memiliki pengaruh negatif. Nilai P > 0,05
yaitu 0,872 yang berarti pengaruhnya tidak signifikan. 3) Terdapat pengaruh positif dan
signifikan Price Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru Studi Kasus pada Perguruan
Tinggi Institut Teknologi Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai c.r bernilai positif dan >
1,96 yaitu 2,344 yang memiliki arti price memiliki pengaruh positif. Nilai P < 0,05 yaitu
0,019 yang berarti pengaruhnya signifikan. 4) Terdapat pengaruh negatif Promotion
Terhadap Minat Calon Mahasiswa Baru Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Institut
ix Manajemen - ITI
Teknologi Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai c.r < 1,96 yaitu 1,816 yang memiliki
arti promotion memiliki pengaruh negatif. Nilai P > 0,05 yaitu 0,069 yang berarti
pengaruhnya tidak signifikan. 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Place Terhadap
Minat Calon Mahasiswa Baru Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Institut Teknologi
Indonesia. Hal ini dapat dilihat dari nilai c.r bernilai positif dan > 1,96 yaitu 4,033 yang
memiliki arti place memiliki pengaruh positif. Nilai P bernilai *** yang berarti
pengaruhnya signifikan karena dibawah 0,01. |
en_US |