dc.contributor.advisor |
Suastiyanti, Dwita |
|
dc.contributor.author |
Paksi, J. Gilang Anarkhi |
|
dc.date.accessioned |
2021-07-27T01:59:06Z |
|
dc.date.available |
2021-07-27T01:59:06Z |
|
dc.date.issued |
2020 |
|
dc.identifier.uri |
http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/732 |
|
dc.description |
Dosen Pembimbing: Dwita Suastiyanti |
en_US |
dc.description.abstract |
Rangka (frame) sepeda merupakan komponen utama dari sebuah sepeda. Faktor geometri dan daya tahan merupakan masalah yang sering terjadi pada rangka sepeda. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan simulasi pada rangka sepeda menggunakan Solidworks 2017. Dilakukan pula peningkatan sifat mekanis material aluminium 6063 dengan menggunakan metode Precipitation Hardening. Pada proses Solution Treatment dengan temperatur 520℃ selama 50 menit, kemudian didinginkan menggunakan air dan dipanaskan kembali dengan proses Artificial Aging pada temperatur 155℃ dan 175℃ selama 8 jam. Hasil dari penelitian terjadi peningkatan sifat mekanis akibat penyebaran presipitasi Mg2Si semakin banyak dan merata setelah aluminium dilakukan proses Artificial Aging. Pada proses Artificial Aging dengan temperatur 155℃ dihasilkan nilai tegangan tarik sebesar 199 MPa dan pada temperatur 175℃ dihasilkan sebesar 123 MPa. Hasil perancangan rangka sepeda menggunakan aluminium 6063-T6 didapati rangka sepeda aman dan layak digunankan dengan pembebanan maksimal sebesar 80 kg. |
en_US |
dc.language.iso |
other |
en_US |
dc.publisher |
Institut Teknologi Indonesia |
en_US |
dc.subject |
Rangka |
en_US |
dc.subject |
Solidworks |
en_US |
dc.subject |
Aluminium 6063-T6 |
en_US |
dc.subject |
Precipitation Hardening |
en_US |
dc.title |
PERANCANGAN STRUKTUR ROAD BIKE FRAME MENGGUNAKAN ALUMINIUM 6063 MELALUI OPTIMALISASI PERLAKUAN PANAS |
en_US |
dc.type |
Thesis |
en_US |
dc.identifier.nidn |
NIDN0316096501 |
|
dc.identifier.nim |
NIM1121600054 |
|
dc.identifier.kodeprodi |
KODEPRODI21201#Teknik Mesin |
|