DSpace Repository

Studi Simulasi Sistem Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang dan Ekspedisi

Show simple item record

dc.contributor.author Bramasto, Suryo
dc.date.accessioned 2021-07-06T10:14:34Z
dc.date.available 2021-07-06T10:14:34Z
dc.date.issued 2021-07-05
dc.identifier.uri http://repository.iti.ac.id/jspui/handle/123456789/706
dc.description.abstract Perusahaan harus terus untuk meningkatkan layanan dan kepuasan pelanggan agar dapat bertahan dalam persaingan dalam layanan pengiriman barang. Salah satu peningkatan layanan yang harus ditingkatkan adalah sistem antrian. Penelitian ini dilakukan di suatu counter dari satu perusahaan logistik, yang menyediakan jasa pengiriman barang dan ekspedisi yang berlokasi di Serpong, Tangerang Selatan dan berskala nasional. Saat ini, di counter sering terjadi penumpukan antrian. Selain disebabkan oleh banyak pengguna jasa di counter ini, penumpukan terjadi karena petugas juga mengerjakan pengemasan item yang akan dikirim. Akibatnya, petugas memiliki utilitas yang sangat tinggi karena selain melayani pelanggan, juga harus mengemas barang yang akan dikirim. Hal tersebut menyebabkan pelanggan yang mengantre merasa tidak puas terhadap pelayanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan simulasi untuk menganalisis dan meningkatkan kinerja sistem antrian saat ini. Simulasi dilakukan dengan menggunakan bantuan software Promodel, dan dilakukan pada system penanganan pengiriman barang, yaitu mulai saat pelanggan masuk ke dalam toko, penanganan kebutuhan pelanggan (termasuk dalam hal pengepakan barang, sampai dengan layanan selesai dan pelanggan meninggalkan toko. Terdapat dua usulan perbaikan, yaitu jangka pendek dan jangka menengah. Usulan perbaikan jangka pendek difokuskan pada pelayanan terhadap pelanggan (tidak termasuk pengepakan), yaitu dengan menyediakan form pendaftaran dan juga menyiapkan uang pengembalian yang dapat mempersingkat proses layanan. Sedangkan usulan perbaikan jangka panjang adalah dengan memperkuat sistem layanan dengan adanya tambahan sistem informasi, standardisasi proses dan biaya, serta penambahan petugas yang khusus menangani pengepakan. Berdasarkan hasil simulasi, diperoleh bahwa usulan jangka pendek dan menengah dapat mengurangi waktu tunggu pelanggan dan utilitas, serta meningkatkan jumlah barang yang dikemas. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Institut Teknologi Indonesia en_US
dc.subject Kepuasan Pelanggan Counter en_US
dc.subject Simulasi en_US
dc.subject Sistem Antrian en_US
dc.subject Utilitas en_US
dc.subject Waktu Tunggu en_US
dc.title Studi Simulasi Sistem Pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang dan Ekspedisi en_US
dc.type Other en_US
dc.identifier.nidn NIDN0305128109


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account