| dc.description.abstract |
Komponen yang terdapat pada pesawat adalah wings. wings sendiri merupakan
bagian yang sangat penting dalam sebuah komponen pesawat terbang. Wings juga
terdiri dari beberapa jenis dan bentuk. Dalam kasus ini sayap yang disambungkan
pada badan pesawat yang dijadikan pusat tumpuan untuk melihat terjadinya
deformasi dan tegangan pada sayap pada saat keadaaan statis. Sayap sendiri
mempunyai fungsi sebagai penghambat laju angin dan memberikan gesekan pada
sayap pesawat sehingga gaya laju angin pada pesawat terhambat. Komposit adalah
struktur material yang terdiri dari dua kombinasi bahan atau lebih, yang dibentuk
dalam skala makroskopik dan menyatu secara fisika. Bahan komposit pada
umumnya, serat sebagai bahan pengisi dan pengikat serat – serat disebut matrik.
Keuntungan bahan komposit adalah kemampuan material tersebut mudah untuk
diarahkan sehingga kekuatannya dapat diatur hanya pada arah tertentu yang kita
kehendaki. Material komposit memiliki sifat high strength dan densitas rendah yang
sangat sesuai diterapkan dalam dunia industri penerbangan serta industri otomotif.
Bahan penguat yang digunakan dalam pembuatan komposit adalah serat kaca dan
serat karbon. Diketahui bahwa spesimen 1 komposit menggunakan metode hand layup mempunyai tegangan tarik sebesar 14,11 kgf/mm2
, spesimen 2 komposit
menggunakan metode vaccum bag mempunyai tegangan tarik 16,67 kgf/mm2
, dan
spesimen 3 komposit menggunakan metode vaccum bag mempunyai tegangan tarik
17,68 kgf/mm2
. Dapat diketahui bahwa spesimen 1 komposit menggunakan metode
hand lay-up mempunyai modulus elastisitas sebesar 3953.43 N/mm2
, spesimen 2
komposit menggunakan metode vaccum bag mempunyai modulus elastisitas
4418.28N/mm2
, dan spesimen 3 komposit menggunakan metode vaccum bag
mempunyai modulus elastisitas 3399.60N/mm2 |
en_US |